BPBD gelar Kajian Publik Resiko Bencana

oleh -332 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar diskusi publik dengan tema kajian resiko bencana.

Diskusi ini digelar di Ruang Bersujud 1. Pada kamis (7/11) lulu demean menghadirkan nara sumber Kepala Bidang Penggurangan Resiko Bencana BNPB Rizki Tri Satria.

Baca juga=Temukan Potensi Wisata Bumi Bersujud Melalui Aplikasi “Wisata Tanah Bumbu”

Dalam sambutan Bupati Tanah Bumbu yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembanggunan Suhartoyo menyatakan, diskusi ini merupakan salah satu fase penting dalam sebuah dokumen pemetaan resiko bencana.

Oleh sebab itu, harapan besar dalam diskusi ini sekira nya bisa mendapatkan kesepakatan Bersama dalam merumuskan dan mengagendakan yang terbaik dalam memetakan resiko bencana daerah.

Lebih lanjut disampaikannya,tentunya dalam hal ini pemerintah dan para stakeholder akan memetakan titik titik rawan bencana di wilayah Tanah Bumbu.

Diharapkan kedepan, Tanbu akan lebih siaga dan siap lagi dalam merespon dan menangani penanggulan bencana. khusus nya kebakaran hutan tanaman dan lahan.

Kepala BPBD melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Abdurahim menyatakan, bahwaanya kajian resiko pencegahan bencana ini merupakan langkah awal pembuatan dokumen perencanaan kedepan dalam rangka memimimalisir adanya korban bencana.

Selain daripada pembuatan sebuah dokumen dasar hal ini bisa menjadi acuan dari pembuatan dokumen dasar tata ruang.

Lebih lanjut lagi, manakala dalam perhitungan indek resiko bencana tidak bisa diturunkan. Maka pemerintah akan dianggap gagal dalam rangka penangganan bencana.

Baca juga=Temukan Potensi Wisata Bumi Bersujud Melalui Aplikasi “Wisata Tanah Bumbu”

“Logikanya, manakala pada satu daerah dipetakan dengan rawan bencana terapi masih gencar dalam pembanggunan. maka hal itu dianggap tidak menurunkan rediko tetapi malah menaikan. Mudah mudahan dengan adanya peta dan dokumen ini akan menjadi acuan di bumi bersujud yang kita cintai,” pungkas nya.

Penulis:Kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com