Batola Terima Bantuan Suplemen

oleh -226 views
MARABAHAN, kalselpos.com – Kabupaten Barito Kuala (Batola) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) satu-satunya daerah di luar Jawa yang mendapatkan bantuan Supplement Micronutrients dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Jenis multivitamin mikronutrien (MMN) yang diterima berupa 3.750 botol untuk calon pengantin (Catin) dan 6.456 botol untuk ibu hamil (Bumil).

Baca juga=Puskesmas Marabahan Dinilai Tim Akreditasi

Terkait dengan itu, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS didampingi Kadiskes Hj Azizah beserta jajaran berada di Surabaya dalam kaitan serah terima bantuan dari pihak Unair.

Selain Batola, acara yang berlangsung di Airlangga Convention Center Unair dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Unair sekaligus Sosialisasi Periode Emas 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Catin, Bumil dan Balita ini Unair juga melakukan MoU dengan Kabupaten Sampang, Jember, dan Sidoarjo (Jatim).

Kegiatan yang dihadiri Rektor Unair Mohammad Nasih, para wakil rektor, dekan, dan para civitas akademika ini juga diisi berbagai rangkaian acara lainnya di antaranya penyerahan sertifikat MURI kepada pelajar terbanyak, launching Airlangga Mom and Baby Care, berbagai talkshow, dan lainnya.

Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan, 1.000 hari pertama kehidupan bersama catin, bumil, dan balita patut mendapatkan perhatian karena merupakan periode emas yang sangat menentukan kualitas kehidupan selanjutnya. Ia menyebut, kualitas kehidupan sangat ditentukan pada saat seribu hari yang menjadi catatan penting untuk tumbuhkembang janin.

Rektor Unair itu juga mengatakan, seribu hari pertama kehidupan bersama catin, bumil dan balita juga bagian dari kontribusi untuk bangsa dan negara ke depan. Karena diyakini baik buruknya negara bahkan dunia ditentukan manusianya.

Kalau sebuah bangsa kualitas generasinya rendah, kata dia, maka rendah pula kualitas bangsa. Mengingat para catin, bumil, dan balita menjadi faktor penentu keberhasilan termasuk peradaban di masa mendatang.
Karenanya, Rektor Unair ini mengajak semua pihak, khususnya penentu kebijakan untuk memberikan perhatian yang lebih kepada proses pertumbuhan di seribu hari pertama kehidupan bagi catin, bumil, dan balita.

Jika ada keluarga sudah terdapat kekurangan gizi, stunting, dan lainnya, sebutnya, maka akan sulit untuk membentuk keluarga yang lebih baik, bahagia, modern, dan berkualitas.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyambut gembira atas bantuannya yang diberikan pihak Unair. Ia menilai jenis multivitamin mikronutrien akan sangat bermanfaat bagi catin, bumil, dan balita dalam mencegah terjadinya kekurangan gizi maupun stunting. Terlebih saat ini permasalahan stunting merupakan salah satu fokus perhatiannya.

Bupati yang memiliki pengalaman 10 tahun menjadi Ketua TP-PKK Batola itu mengatakan, selama 1.000 hari pertama janin merupakan masa yang sangat menentukan kehidupan dari sejak kehamilan, kelahiran, hingga usia 2 tahun.

Jika pada masa tersebut terjadi kekurangan gizi, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, maka anak akan mengalami kerugian luar biasa dalam pertumbuhan akibat terhambatnya perkembangan otak, fisik pendek, lemah dan mudah sakit, serta sulit mengikuti pelajaran di sekolah.

Baca juga=Puskesmas Marabahan Dinilai Tim Akreditasi

“Jika anak telah mengalami stunting walaupun dapat dilakukan penanggulangan dengan memaksimalkan pemberian gizi pada masa pubertas untuk mengejar pertumbuhan namun syaraf otak tidak bisa lagi diperbaiki,” pungkasnya.

Penulis: Muliadi
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com