4 Raperda disetujui DPRD Batola

oleh -324 views

MARABAHAN, kalselpos.com – Setelah melalui pembahasan yang panjang DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola) akhirnya menyetujui 4 buah rancangan peraturan daerah (Raperda) tahun 2019.

Keempat Raperda yang disetujui dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Saleh dan Wakil Ketua Agung Purnomo serta Arfah ini yaitu menyangkut Raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Baca juga=Puskesmas Marabahan Dinilai Tim Akreditasi

Perubahan atas Peraturan Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, Penyelenggaraan Administrasi Pendudukan dan Catatan Sipil, serta Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah.

DPRD Batola melalui Perwakilan Badan Anggaran, Hendri Dyah Estiningrum menyampaikan, dengan disetujuinya 4 Raperda dan ditetapkan sebagai perda kiranya bisa menjadi dasar hukum dalam rangka pelaksanaan pemerintahan di Batola.

Mengingat dalam Raperda hanya mengatur secara umum, sedangkan pengaturan pelaksanaan diatur lebih lanjut oleh peraturan bupati paling lambat 6 bulan setelah ditetapkan, maka lanjut anggota dewan yang akrap disapa ibu Arum, itu hendaknya pemda sesegeranya menyiapkan Peraturan Bupati.

DPRD juga berharap setelah Raperda ditetapkan menjadi Perda hendaknya peraturan ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya serta disosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui dan mentaati sesuai aturan yang berlaku.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada dewan yang telah melakukan pembahasan, kajian dan telaahan sehingga pembuatan perda dapat terlaksana secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menyangkut Raperda Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, terang mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, menjadi kewajiban untuk mewujudkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membentuk pusat media (media center) sebagai pusat layanan informasi dan komunikasi publik, memenuhi hak layanan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan serta mengakomodasi aspirasi dalam proses perumusan kebijakan.

Sementara terkait Raperda Perubahan Atas Peraturan Nomor 13 Tahun 2011 tentang Perizinan Tertentu, sebut dia, dengan perkembangan akan berdampak pada peluang untuk menggali pendapatan asli daerah yang belum terakomodir pada Perda Nomor 13 Tahun 2013. Karenanya pemda berusaha menginventarisi Perda yang sudah tidak relevan seiring perkembangan perekonomian.

Terhadap Raperda Penyelenggaraan Adaministrasi Kependudukan, jelas isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad itu, maka dengan dasar yang ada Pemkab akan menyesuaikan aturan hukum yang berlaku. Mengingat dalam Perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2015 banyak aturan yaang diamanatkan UU Nomor 24 Tahun 2013 yang belum terakomodir masalah pengadiministrasian kependudukan.

Sedangkan Raperda Rencana Induk Pengembangan Periwisata Daerah, menurut Noormiliyani, dengan potensi wilayah Batola untuk mengembangkan pariwisata daerah sebagai peningkatan perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan serta mengurangi pengangguran.

Dengan adanya Perda akan menjadi payung hukum pengembangan pariwisata yang akan dibentuk rencana induk pengembangan sebagai landasan bagi semua kegiatan pemanfaatan potensi pariwisata secara terintegrasi untuk memberikan arah kebijakan dalam membangun kepariwisataan sebagai bagian dari rencana pembangunan daerah.

Di kesempatan Rapat Paripurna yang juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, para anggota forkopimda, para pimpinan SKPD, Camat, pimpinan organisasi wanita, ormas, OKP, tokoh agama, dan tokoh masyarakat ini juga Pemkab Batola menyampaikan 5 buah Raperda ke DPRD Batola.

Baca juga=Puskesmas Marabahan Dinilai Tim Akreditasi

Kelima Raperda itu yakni Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, Raperda tentaang Penyelenggaraan Kearsipan, Raperda tentang Pernyataan Modal kepada Bank Kalsel, Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten, serta Raperda tentang Perubahan Nama PD Bank Perkreditan Rakyat Alalak Menjadi PT Bank Perkreditan Rakyat Alalak.

Penulis : Muliadi
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com