Warga Parigi Kacil Dilatih bikin Abon Haruan

oleh -174 views

RANTAU, Kalselpos.com – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan diversifikasi pengolahan perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Tapin bekerjasama dengan PKK Kabupaten Tapin melaksanakan pelatihan pengolahan perikanan. Kamis (17/10) Kemarin bertempat gedung Serbaguna Parigi Kacil.

Baca juga=Garap Laham Serasi, TNI AD 1010 Rantau Gandeng Pengusaha Muda Binuang

Pelatihan perikanan dibuka oleh Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani dengan peserta Kader PKK Desa Parigi Kacil membuat abon dan kerupuk berbahan ikan haruan atau gabus langsung dari instruktur Ibu Normukminah dari Kelompok Tunas Karya Desa Sawang Kec Tapin Selatan binaan Dinas Perikanan Kabupaten Tapin.

Dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga desa agar mampu meningkatkan kualitas pangan kekuarga, juga mampu meningkatkan kualitas menu makanan yang sehat serta bisa meningkatkan usaha ekonomi keluarga.

“Kepada peserta bisa mengikuti acara ini secara seksama dan bisa mengambil pelajaran didalamnya untuk bisa di praktikkan kembali di rumah masing-masing, “harapnya.

Sehingga dikemudian hari bisa jadikan untuk meningkatkan usaha ekonomi yang dapat menambah penghasilan tambahan dalam keluarga.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Bastian, mengatakan pelatihan pengolahan perikanan sebagai dukungan dan partisipasi kami dalam mensukseskan program P2WKSS di Desa Parigi Kacil Kecamatan Bakarangan.

“Pelatihan ini salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat desa P2WKSS untuk dijadikan tambahan penghasilan keluarga khusus dalam pengolahan perikanan, “jelasnya.

Adapun pelatihan pengolahan perikanan yaitu pembuatan abon dan kerupuk berbahan ikan gabus atau haruan.

Ditambahkan Bastian bahwa diversifikasi usaha pengolahan hasil perikanan adalah penganekaragaman jenis produk olahan hasil perikanan dari bahan baku yang belum sudah dimanfaatkan dengan tetap memperhatikan faktor mutu dan gizi.

Sebagai usaha penting peningkatan konsumsi produk perikanan baik kualitas maupun kuantitas dab peningkatan nilai jual.

Berharap peserta nantinya sudah bisa membuat hasil dari pelatihan ini tentunya dapat di teruskan.

Baca juga=Garap Laham Serasi, TNI AD 1010 Rantau Gandeng Pengusaha Muda Binuang

Turut hadir pada pembukaan Wakil Ketua PKK Tapin Hj Tata Syafrudin Noor, Ketua Darma Wanita Persatuan Tapin Sariani Masyraniansyah, Sekretaris DP3A Tapin M Noor Kades Parigi Kacil Basuni dan Jajaran PKK Kabupaten dan Desa Parigi Kacil.

Penulis:dillah
Editor :wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com