Terancam Tak Berpenghuni, Handel Basirih akan dialiri Listrik

oleh -261 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Handel Basirih merupakan wilayah RT 08 Desa Sei Asem Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, dimana hampir separuh dari penduduknya meninggalkan wilayah tersebut, disebabkan kurangnya sarana Listrik.

Ironisnya lagi, wilayah itu berbatasan langsung dengan propinsi tetangga Kalimantan Selatan, yaitu kabupaten Barito Kuala.

Baca juga=Aliansi Pemuda Bersatu datangi DPRD Kapuas

“Warga kita, untuk mengisi charge hand phone (HP) aja harus ke provinsi lain, belum lagi keperluan lainnya,” ucap Kepala Dusun Abe Susanto, kepada Kalselpos,com di lokasi tersebut, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tidak ada aliran listrik di desa itulah yang menjadi salah satu alasan banyaknya warga yang mutasi ke daerah tetangga, selain alasan lainnya.
Jika hal ini terus dibiarkan, maka tidak mustahil Handel Basirih yang merupakan wilayah Desa Sei Asam ini, terancam tidak berpenghuni.

Saat ini, pihak pemerintah desa melalui Kepala Desa Sei Asem, Masrawan didampingi Kepala Pemerintahan Desa, Suryadi, bersama pihak Unit Pelaksana Proyek Ketenagaan Listrik Perusahaan Listrik Negara ( UP2KL PLN) Kalimantan Tengah dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (UP3 PLN) di bawah kordinasi kantor induk PLN wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, mengadakan peninjauan ke lokasi itu guna pemasangan aliran listrik, Jumat (27/9) lalu.

“Kita juga membahas nanti dari mana wilayah penyambungan yang akan dilakukan, untuk pemasangan listrik,” ungkap Kepala Desa Sei Asem, Masrawan, di kantor desa setempat, Rabu (9/10).

Pihaknya berharap jika pemasangan aliran listrik sudah terealisasi, maka warga yang sudah atau akan pindah keluar desa, bisa berbalik dan bersama membangun kembali Handel Basirih.

Sementara, Kepala Pemerintahan Desa Sei Asem Suryadi menambahkan, dari sekian banyak warga yang berpindah itu, masih memiliki tanah dan rumah kosong yang ditinggalkan.

Baca juga=Aliansi Pemuda Bersatu datangi DPRD Kapuas

“Ketika sarana listrik yang penting ini bisa terpenuhi, tentu kita yakin bisa menjadi daya tarik untuk mereka kembali,” tandasnya.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com