Sabu dan Ineks jadi ‘Abu’

oleh -333 views
PEMUSNAHAN NARKOBA – Sebanyak 1.559,19 gram sabu dan 1.276 butir pil ekstasi, saat dimusnahkan di incinerator RSUD dr HM Ansari Saleh Banjarmasin, Rabu (2/10) kemarin.

BANJARMASIN, Kalsel pos.com-Sebanyak 1.559,19 gram narkotika jenis sabu dan 1.276 butir pil ekstasi atau Ineks, dimusnahkan dengan mesin Incinerator milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr HM Ansari Saleh, Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin, Rabu (2/10) kemarin.

Baca juga=Oktober, PKS jaring Calon Kepala Daerah Banjarmasin

Semua narkotika yang dimusnahkan tersebut adalah hasil tangkapan dari Ditresnarkoba Polda Kalsel, BNN Banjarmasin, Satuan Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin, dan jajaran Polsek wilayah hukum setempat.

Kasat Resnarkoba Polresta Banjarmasin, Kompol Wahyu Hidayat menyampaikan, barang bukti yang dimusnahkan adalah hasil dari 21 tersangka dengan jumlah laporan kepolisian sebanyak 20.

“Ini sudah kali kedua kami memusnahkan barang bukti narkoba di Incinerator RSUD dr HM Ansari Saleh, sebab dengan suhu panas mencapai 1.200 derajat Celcius, maka narkotika yang ada di dalamnya pasti akan hangus terbakar tanpa tersisa sedikit pun,” ujarnya.

Dikatakannya, dari hasil pemusnahan barang bukti,i ini setidaknya dapat menyelamatkan 2.400 jiwa dari bahaya narkoba.

“Saya menghimbau kepada para undangan yang hadir, agar bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Jangan sampai keluarga – keluarga terdekat kita menjadi ‘budak’ narkotika,” sebut Kompol Wahyu Hidayat.

Baca juga=Oktober, PKS jaring Calon Kepala Daerah Banjarmasin

Sementara itu Direktur RSUD Ansari Saleh, Hasan menyampaikan, bahwa Incinerator ini biasa digunakan untuk membakar peralatan medis setelah selesai operasi, seperti jarum suntik dan lain-lainnya.

“Mesin incinerator, ini kami gunakan untuk membakar sampah medis, dengan suhu 1.200 derajat Celcius. Jadi, benda apapun yang masuk ke dalam, akan menjadi abu,” pungkasnya.

Penulis: Hafiz/Krisna
Editor: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com