Penurunan Distribusi Air PDAM selalu jadi Keluhan

oleh -131 views
Sosialisasi PDAM Bandarmasih bersama Forpam di Kelurahan Seberang Mesjid

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Masuknya musim kemarau saat ini juga dirasakan bagi pelanggan PDAM Bandarmasih di Kelurahan Seberang Mesjid Banjarmasin.Tengah, pasalnya intensitas air yang dikeluarkan di rumah-rumah berkurang bahkan tidak sedikit masyarakat memilih begadang hanya menunggu aliran air mengalir.

Baca juga=HUT TNI, Kapolsek Banjarmasin Timur Gelar Syukuran

Manager produksi 1 PDAM Bandarmasih, Ali Fathir Wibawanie, kepada Kalselpos disela-sela sosialisasi bersama mitra kerja Forpam di Kelurahan Seberang Mesjid Selasa (08/10) mengakui, musim kemarau kali ini berdampak berkurangnya distribusi air kepelanggan karena kandungan kadar garam membuat air baku tidak bisa diolah terutama di intek Sungai Bilu tidak bisa beroperasi.

“Ya memang kondisinya tidak bisa diprediksi jika musim kemarau masih berlangsung,” ujar Ali.

Ia menambahkan, saat ini PDAM Bandarmasih mengalami penurunan distribusi sekitar 30% dengan mengoptimalkan pengolahan air di intek Sungai Tabuk yang relatif aman dari intrusi air laut.

Diharapkannya, dalam waktu dekat hujan cepat turun merata di Kalsel terutama dibagian hulu agar bisa menetralkan kadar garam air di sungai saat ini, karena hujan yang pernah turun ternyata belum mampu menurunkan kadar garam disebabkan intensitas masih kecil dan tidak merata.

“Kita sama-sama berdoa mohon kepada Allah agar hujan segera turun merata,” harapnya.

Senada Ketua Forpam Kalsel, Muhammad Sunardi mengapresiasi apa yang telah di usahakan PDAM Bandarmasih dalam pelayanan kepelanggan meski di musim kemarau saat ini tidak dipungkiri ada penurunan pelayanan karena damak dari musim kemarau yang kita hadapi, namun secara umum di Kelurahan Seberang Mesjid ini tetap mengalir air walaupun dalam intensitas atau volume yang agak berkurang, lain halnya dibagian ujung pelayanan seperti Utara dan Selatan.

“Yang terasa sekali memang dibagian ujung pelayanan,makanya PDAM selalu menyediakan air tondon gratis bagi pelanggan,” terang Sunardi.

Baca juga=HUT TNI, Kapolsek Banjarmasin Timur Gelar Syukuran

Lurah Seberang Mesjid, Mariani menuturkan memang idealnya ada kontribusi nyata menyiasati upaya jangka pendek agar kebutuhan air ini tetap terpenuhi dimusim kemarau seperti semarang ini, karena yang dirasakan saat ini kewajiban terus dipenuhi sementara hak pelanggan mendapatkan air layak konsumsi juga menjadi tuntutan mereka.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com