Pemkab Tanbu Tanam 300 Bibit Pohon

oleh -228 views
BATULICIN, K.Pos – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu turut memperingati gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS). Hal itu ditandai dengan penanaman simbolis 300 bibit batang pohon di kawasan wisata Goa Liang Bangkai Kecamatan Mantewe, Jumat (25/10/2019).
Sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Mariani menyampaikan tujuan dari penanaman pohon ini merupakan bentuk menjaga kelestarian dan keseimbangan dalam program revolusi hijau atau rehabilitasi hutan dan lahan.
“Kegiatan ini turut meningkatan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan lahan secara optimal, dengan tetap menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem (DAS) di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.
Kerusakan ekosistem itu lanjutnya selalu berdampak buruk bagi lingkungan. Mengingat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini sudah dirasakan masyarakat sepanjang musim kemarau tahun ini.
“Selain itu, potensi bencana banjir dan tanah longsor juga menjadi ancaman serius sekaligus ancaman saat musim penghujan tiba. Selain berdampak langsung pada warga, bencana ini juga berdampak kerusakan lingkungan. Hal ini sangat merugikan, kerena aktivitas sosial dan ekonomi warga dan lingkungan saling bergantung satu sama lain,” tandasnya.
Dia menambahkan, lahirnya program revolusi hijau sebagai respon untuk mengurangi luasan lahan kritis serta pemulihan daerah aliran sungai serta pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.
Sebagai sebuah gerakan, program ini sudah dirancang sebagai program berkelanjutan. Hal demikian sambungnya sejalan dengan gerakan nasional pemulihan DAS
yang merupakan salah satu program strategis ditingkat nasional.
Menurutnya Gubernur, keberhasilan gerakan ini sangat bergantung pada partisipasi seluruh pihak, mulai dari pemerintah Kabupaten dan Kota maupun aktivis lingkungan atau lapisan masyarakat.
“Melalui gerakan ini, saya mendorong partisipasi semua warga Kalsel untuk terus melibatkan diri dalam revolosi hijau. Dengan harapan kegiatan menanam dan merawatnya bisa diikuti oleh siapa saja dan dimana saja,” tuturnya.
Sementara itu, acara penanaman serentak itu dimulai Ketua TP PKK Hj Sadariah dan pengurusnya. Kemudian diikuti jajaran Pemkab Tanbu, serta melibatkan berbagai pihak termasuk perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. Maupun gerakan Pramuka Kab. Tanbu.

 

Penulis :Syahriadi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com