Patuhi Aturan Lalu Lintas, Berikut Target Operasi Zebra Intan 2019 Polda Kalsel

oleh -222 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) pada Rabu (23/10) pukul 08.00 wita melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Intan 2019 di lapangan Mapolda Kalimantan Selatan.

Operasi yang dibuka langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani tersebut mulai dilaksanakan dari Rabu 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang.

Baca juga=Banjarmasin siap Jadi Tuan Rumah Festival HAM

Operasi tersebut akan digelar di beberapa titik ruas jalan di wilayah hukum Polda Kalsel dan melibatkan ribuan personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Basarnas, Komunitas Motor Pelopor Keselamatan Berlalu lintas dan Pramuka.

“Dengan Operasi Zebra Intan ini diharapkan terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar di Banua juga menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengendarai kendaraan dengan benar, sehingga bisa mencegah fatalitas dalam kecelakaan,” tutur Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani, Rabu (23/10).

Operasi Zebra Intan 2019 menargetkan para pengendara baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua, dari yang tidak memiliki SIM hingga tak menggunakan helm saat berkendara.

Terpisah, Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto, SIK. Menjelaskan bahwa ada tujuh sasaran pelanggaran dari operasi ini.

“Tujuh sasaran pelanggaran di operasi ini terdiri dari keabsahan surat kendaraan roda dua dan roda empat, pengemudi yang tidak memiliki SIM, pengemudi yang memakai rotator, kendaraan berat yang melebihi tonase, pengemudi yang SIMnya tidak sesuai peruntukan, dan pelanggar rambu, marka dan peraturan lalu lintas lain,” Terang Dirlantas Polda Kalsel tersebut.

Kombes Pol Muji Ediyanto juga mengungkapkan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) akan diterapkan pada Operasi Zebra Intan kali ini, jadi para pengendara akan diawasi CCTV dan bagi pelanggar lalu lintas akan dicapture oleh RTMC Polda Kalsel kemudian akan di tilang ke rumah pelanggar.

Baca juga=Banjarmasin siap Jadi Tuan Rumah Festival HAM

“Dengan begitu Masyarakat tidak perlu lagi menunggu ada polisi untuk tertib, dengan diawasi oleh banyak CCTV, Diharapkan masyarakat mengubah mindset-nya dalam berlalu lintas,” pungkasnya.

Penulis: Krisna
Editor: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com