Musim Kemarau, Pembalakan Liar Cenderung Marak

oleh -191 views
Hanif Faisol Nurofiq, Kadishut Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARBARU, kalselpos.com – Sebanyak 500 kayu bulat hasil penebangan liar di Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut berhasil disita Tim pengamanan hutan Dishut Provinsi Kalsel. Tim mesti adu cerdik untuk bisa menemukan kayu bulat tersebut.

Baca juga=Pemko Banjarbaru Terima Bantuan CSR Bank Kalsel

“Dimusim kemarau pembalakan liar cenderung marak. Para pembalak memanfaatkan kondisi jalur yang tidak becek untuk masuk ke hutan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Hanif Faisol Nurofiq, Senin (21/10/2019).

Hanif menyampaikan, musim kemarau memudahkan pembalak untuk mengangkut kayu hasil tebangan, karena jalanan yang biasanya becek menjadi keras. Serta debit air sungai menurun menyebabkan mudah menyebarangi arus yang biasanya deras.

Diutarakannya, untuk bisa “menaklukkan” pembalak, pihaknya mesti beradu taktik dengan para penebang liar yang terkenal licin. Daerah yang sangat jauh dari permukiman penduduk menjadi sasaran empuk pemburu kayu.

Tim mengumpulan bukti dan keterangan secara teliti guna akurasi yang menjadi dasar pertimbangan giat berikutnya.
Melalui giat langsung ke Desa Riam Adungan, tim menemukan tumpukan kayu pada koordinat 3.69546799 dan 115.23060048. Berdasarkan layout peta berada pada kawasan hutan produksi terbatas.

“Di sana ditemukan tumpukan kayu bulat yang diduga ilegal,” jelas Hanif.

Hanif menjelaskan, tumpukan kayu tersebar pada beberapa titik, yang masih berada di sekitar lokasi dengan kontur medan berbukit. Jumlah kayu bulat lebih dari 500 potong. Dishut Kalsel mengevakuasi sebanyak empat  rit kayu bulat berbagai jenis dan ukuran.

Baca juga=Pemko Banjarbaru Terima Bantuan CSR Bank Kalsel

Adapun rincian jumlahnya 43 potong kayu bulat, 34 potong kayu ulin panjang 1 meter berbentuk plat, dan 52 potong kayu ulin panjang 1 meter ukuran 5 x 5 cm.
“Evakuasi tersebut dilakukan sebagai penyisihan barang bukti, guna keperluan bahan penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Hanif Faisol Nurofiq.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com