MUI HSS Kuatkan Sinergitasi Ulama dan Umara‎

oleh -141 views
SAMBUTAN- Bupati HSS, Achmad Fikry, memberikan sambutan saat rapat kerja MUI HSS.(Humas)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Menguatkan sinergi antara ulama dan umara serta menggali energi untuk kemajuan da’wah Islamiyah di Kecamatan dan Desa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) gelar rapat kerja. Rapat kerja MUI HSS tersebut, dibuka Bupati HSS, Achmad Fikry, Selasa (1/10) di Pendopo Wakil Bupati.

Baca juga=Pelatih Barito Djajang Nurjaman cicipi Ketupat Kandangan Kalselpos

MEMERIKAN ARAHAN- 
Ketua MUI Kabupaten HSS, KH Muhammad Ridwan Baseri‎, memberikan arahan bersinergi antara ulama dan umara.(Humas)

Acara dihadiri pula oleh Ketua MUI Kabupaten HSS, Tuan Guru H. Muhammad Ridwan Baseri, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I. Selain itu dihadiri pula oleh 55 orang peserta, terdiri dari Para Camat atau yang mewakili, dari 11 Kecamatan di Kabupaten HSS, Pengurus inti dan Bidang Dewan Pimpinan MUI Kabupaten HSS sebanyak 10 orang, serta Dewan Pimpinan MUI Kecamatan, yaitu Ketua, Sekretaris dan Ketua Komisi Fatwa, sebanyak 33 orang. Rapat Kerja MUI Kecamatan se Kabupaten HSS, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Qori H. Ahmad Syaukani M.Pd.I.

Ketua MUI Kabupaten HSS, KH Muhammad Ridwan Baseri, mengatakan kepengurusan majelis ulama ‎hanya ada sampai Kecamatan, dan berbeda dengan pemerintahan ada hingga ke desa, sehingga otomatis tanggungjawab lebih besar dan berat.

DUDUK BERSAMA- Bupati HSS, Achmad Fikry bersama dengan Ketua MUI Kabupaten HSS, KH Muhammad Ridwan Baseri‎, saat rapat kerja MUI.(Humas)

Menurutnya, urusan dakwah dalam Islam, harus digerakkan hingga ke desa-desa, walaupun dengan keterbatasan dana. “Saya minta para ulama tidak menjadikan alasan tersebut, untuk tidak bergerak untuk berdakwah. Tetapi sebagai semangat pendorong untuk berbuat lebih baik lagi,” harapnya.

‎Karena, seseorang yang telah dipilih dan dilantik sebagai pengurus MUI, maka tugas tersebut secara hakikat merupakan tugas dan amanah dari Allah SWT untuk memajukan Agama-Nya.‎

Namun, jika ulama dan umara kurang bersinergi dan bekerjasama, maka akan sulit bagi ulama untuk menyebarkan Islam dan syariatnya dengan baik.‎ “Mari kita berperan aktif bersinergitas antara ulama dan umara hingga tingkat desa,” ajaknya.‎

Sementara itu, Bupati HSS, Achmad Fikry, mengaku sangat tertarik dengan yang telah disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten HSS untuk bersinergi atara ulama dan umara. “Saya harap rapat kerja bisa sebagai bahan bagi Pemerintah Kabupaten HSS, menigkatkan sinergitas antara ulama dengan umara ke depannya,” ujar Bupati.


Dikatakan Fikry, langkah Pemerintah Kabupaten HSS ke depannya adalah menguatkan pondasi untuk sejahtera dunia akhirat. “Memang tidak mudah mempertanggungjawabkan di akhirat, tapi paling tidak ada upaya yang kita lakukan,” ujar bupati.

Baca juga=Pelatih Barito Djajang Nurjaman cicipi Ketupat Kandangan Kalselpos

Untuk itu, ‎Bupati Fikry memohon doa dan dukungan serta saran dan masukan, apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten HSS, agar visi misi sejahtera dunia akhirat tidak sekedar diatas kertas. “Di posisi apapun dan dimanapun berada, mari kita sama-sama membesarkan Islam dan meningkatkan dakwah islamiyah,” ajak bupati.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com