Ketika Kabut Asap Mengepung, Pasein RSJ Sambang Lihum Dikurung

oleh -146 views
dr Dharma Putra, Dirut RSJD Sambang Lihum.(Anas Aliando)

MARTAPURA, kalselpos.com – Kabut asap akibat Kebakaran  Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah mulai reda. Hujan yang mengguyur bumi Lambung Mangkurat dalam seminggu terakhir mematikan kobaran api yang menyulut hutan dan lahan gambut.

Baca juga=2 Walikota nikmati Bersepeda di Sungai Martapura

Ada cerita memilukan disaat asap pekat mengurung Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum yang berada di Jalan Gubernur Syarkawi Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Pasein yang kebanyakan mengalami gangguan jiwa dan rehabilitasi akibat  ketergantungan narkoba di tempat itu juga merasakan sesaknya bernafas kala kabut asap datang tanpa diundang.

“Setiap hari rata – rata satu sampai dua orang pasein kami yang terkena Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Atas, red) akibat kabut asap pekat yang datang biasanya antara pukul 05.00 hingga pukul 09.00 Wita,” ujar Dirut RSJD Sambang Lihum, dr Dharma Putra kepada kalselpos.com, Minggu (6/10/2019).

Diutarakan mantan Sekda Kabupaten HST ini, pihak rumah sakit dengan terpaksa mengurung pasein dalam ruangan  agar tidak berkeliaran diluar untuk menghindari paparan kabut asap secara langsung.

“Kami terpaksa mengurung mereka. Kalau dibiarkan berada diluar ruangan maka kabut asap akan semakin parah terpapar pada mereka,” jelasnya.

Dharma menjelaskan, selama musim kemarau berlangsung, dilingkungan rumah sakit didirikan posko Karhutla oleh BNPBD Kalsel. Pihaknya juga siap siaga dengan peralatan padam kebakaran jika api menjalar sampai lingkungan rumah sakit.

Baca juga=2 Walikota nikmati Bersepeda di Sungai Martapura

“Yang parah asapnya sekitar satu minggu. Kami ekstra waspada menjaga pasein untuk benar – benar aman dari paparan asap. Untung saja Karhutla sudah semakin berkurang seiring datangnya musim hujan,” tutupnya.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com