Kejari Kapuas bentuk Tim Pengawas Pakem

oleh -199 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Kejaksaan Negeri kapuas membentuk Tim pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan (PAKEM) yang beralamat di kantor Kejaksaan Negeri ( Kejari) Kapuas, jalan A Yani Kuala Kapuas, sebagai sekretariat, Selasa (1/9) pukul 12.00 Wib.

Baca juga=AKD DPRD Kapuas telah Terbentuk

Rapat Koordinasi pembentukan Tim PAKEM Kabupaten Kapuas dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Kapuas Komaidi, SH, selaku Ketua Tim.

Diikuti oleh Kasi Intelijen Mauladi SH MH, selaku Wakil Ketua Tim dan masing-masing anggota Tim, dari Kodim 1011 Kuala Kapuas diwakili Lettu Inf Tukirin, Polres Kapuas Kasat Intel Iptu Saldicky Julanda Al-Karim, Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas yang diwakili Eramo dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas, tokoh agama, masyarakat dan awak media.

Kajari Kapuas, Komaidi SH, yang merupakan ketua Tim mengatakan, bahwa dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Kapuas, adalah sebagai pelaksanaan dari pasal 2 ayat (1) Penetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 1/PNPS tahun 1965, tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama, pasal 30 ayat (3) huruf d Undang Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI dan Peraturan Jaksa Agung RI Nomor : PER-019/A/JA/09/2015, tentang Tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat. Dimana merupakan bagian dari pelaksanaan tugas dan kewenangan Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum, untuk turut melakukan pengawasan terhadap ajaran atau faham aliran kepercayaan masyarakat, dan aliran keagamaan yang meresahkan masyarakat.

Sebabnya  diindikasikan menyimpang atau  sesat atau menodai, menghina, atau merendahkan satu aliran kepercayaan masyarakat atau suatu agama, dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan dalam masyarakat serta dapat merusak atau mengganggu kerukunan umat beragama.

“Tim ini sekaligus untuk mengawasi perkembangan aliran kepercayaan di masyarakat kita, yang nantinya perkembangannya tidak menimbulkan gesekan gesekan karena perbedaan, makanya kita bisa dengan mudah mengawasi perkembangannya, dan mendeteksi secara dini,” ungkap Kajari Kapuas, Komaidi SH.

Baca juga=AKD DPRD Kapuas telah Terbentuk

“Makanya dengan adanya tim kita bisa merapatkan mengkaji permasalahan secara bersama sama,” tambahnya.

Penulis   : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com