Hari Pancasila: Wahid Bertindak Inspektur Upacara

oleh -190 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang turut melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati HSU, Selasa, (1/10).

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

Dengan mengusung tema ‘Pancasila sebagai dasar penguat karakter bangsa menuju Indonesia maju dan Bahagia’, peringatan berjalan khidmat dengan dipimpin Bupati HSU H. Abdul Wahid HK selaku inspektur upacara.

Kesempatan itu, Ketua DPRD Almien Ashar Safari, SKM membacakan Ikrar kesetiaaan kepada Pancasila.

Makna Ikrar tersebut berisi bagian dari memperkokoh dan memperkuat komitmen menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara. Mengacu pada kesetiaan, sebagai bangsa untuk mempertahankan, mengamalkan, melaksanakan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan, ” sampainya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila turut dihadiri sejumlah pejabat, pegawai, TNI, Polri, serta pelajar dan mahasiswa dilingkungan Kabupaten HSU.

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

Penulis : adiyat
Editor : wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com