Dinkes Kotabaru Laksanakan Program Indonesia Sehat

oleh -292 views

KOTABARU, K.Pos – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan Kotabaru melaksanakan pertemuan intervensi lanjutan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Baca juga=Kepala BKPPD Kotabaru Diperiksa Inspektorat

Pertemuan ini dilaksankan di Hotel Kartika Kotabaru yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Drs H. Akhmad Rivai, M.Si dan Kasi Primer Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Rizal sebagai narasumber dan Selamat Basuki Widia Iswara Balai Pelatihan Kesehatan Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan dan seluruh peserta dari Puskesmas se Kabupaten Kotabaru, Rabu (17/10) kemaren.

Didepan awak media Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru Drs H. Akhmad Rivai, M.Si saat ditemui di sela acara mengatakan bahwa, pertemuan yang dilaksanakan ini merupakan program Indonesia Sehat dengan cara melakukan pendekatan secara keluarga dan juga bertujuan untuk merevui kembali terhadap kegiatan kita di Puskesmas.

Lebih jauh dijelaskannya, sasaran kita dalam pertemuan ini tentunya tidak terlepas dari pengelola-pengelola kegiatan di Puskesmas dan juga dalam rangka memenuhi kebijakan pemerintah sesuai dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah No 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Menteri Kesehatan No 4 Tahun 2019 tentang SPM di bidang kesehatan.

“Ada 12 jenis Standar Pelayanan Minimum (SPM) tentang kesehatan yaitu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bersalin atau melahirkan, bayi yang baru lahir, anak balita, anak usia sekolah, usia produktif sampai usia lanjut sedangkan yang lima lagi bagi penderita suatu penyakit Epetensi, Diabet, TBC, HIV dan penyakit gangguan jiwa yang berat,” ungkap Rivai.

Terkait dengan kegiatan ini lanjutnya, tentunya akan di lakukan pendataan kembali terhadap warga khususnya warga masyarakat Kotabaru dengan cara mendatagi rumah warga satu persatu dengan begini tentunya kita akan melakukan pemeriksaan, kalau nanti ditemukan dalam suatu keluarga berpotensi penyakit maka akan segera dilakukan deteksi dini dengan cara pengobatan.

“Semoga pihak dari puskesmas yang mengikuti kegiatan ini dapat segera melaksanakan sesuai dengan yang diamanatkan dalam SPM, serta dengan segera bisa melaksanakannya,” harap Rivai.

Hal senada juga disampaikan oleh Fikrul Ilmi seorang peserta dari Puskesmas Geronggang Kelumpang Tengah, acara yang dilaksanakana oleh Dinas Kesehatan ini tentunya akan dapat memecahkan masalah-masalah yang ada di Puskesmas dalam hal program PIS-PK.

Baca juga=Kepala BKPPD Kotabaru Diperiksa Inspektorat

“Memang pada dasarnya selama ini tentunya banyak hambatan yang kami dapat tapi insaallah dengan melalui kegiatan yang dipasilitasi oleh Dinas Kesehatan tentunya semua masalah itu dapat terpecahkan sehingga tujuan dari pemerintah melalui program ini dapat berhasil dan tercapai dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah,” tandasnya.

Penulis : Muliana/ardiansyah/uzi
Penanggung jawab :SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com