Camat Bataguh gelar Monev ADD dan Dana Desa Pulau Mambulau

oleh -1.540 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Paradigma lama  membangun desa, kini berubah menjadi desa Membangun, karena desa memiliki Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membangun wilayahnya. Namun untuk tepat guna dan tepat sasaran, penggunaannya perlu monitor dan evaluasi (Monev) agar tidak ada penyalahgunaan  dalam menjalankannya. Desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh, Jumat (4/9) bersama Kepala Desa Alfian Noor, Camat Bataguh Ir Riduanto, pendamping kecamatan Bataguh dan lainnya, mengadakan kegiatan Monitoring DD dan ADD, di aula Balai Desa Pulau Mambulau jalan Sare Pulau.

Baca juga=Kejari Kapuas bentuk Tim Pengawas Pakem

Camat Bataguh Ir. Riduanto, mengatakan, kegiatan Monitoring dan evaluasi ini adalah bentuk peninjauan kita terhadap apa yang telah kita lakukan, untuk pembangunan dalam memenuhi keinginan masyarakat. Kegiatan ini juga untuk melihat sejauh mana kegiatan memajukan perekonomian desa dengan BUMDes,

” Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes ini selalu menguntungkan buat Pendapat desa, bila tidak bisa berarti pengelolanya yang salah,” ujar Riduan.

Kepala Desa Pulau Mambulau, Alfian Noor, membeberkan melalui slide gambar gambar yang telah dibangun baik jembatan, pelabuhan,  lapangan bola dan lainnya, sebelum di bangun dan sesudahnya pada semua peserta acara monitoring di aula Balai desa yang juga merangkap lapangan bulu tangkis desa Pulau Mambulau.

” Untuk BUMDes, desa kita memiliki usaha jual beli gabah, kerajinan anyaman, simpan pinjam, persewaan tenda dan lain lain,” ucap Alfian Noor,

” Untuk penggunaan dana yang kita gunakan dalam pembangunan yang dibiayai DD dan ADD ini, kita transparan dengan semua, baik BPD maupun masyarakat dwngan memasang perincian dwngan baliho besar didalam kantor Desa,” tegas Alfian Noor.

Baca juga=Kejari Kapuas bentuk Tim Pengawas Pakem

Selanjutnya, pihak kecamatan Bataguh, Pendamping Kecamatan, pendamping desa, kades dan semua meninjau ke lokasi pembangunan yang akan dimonitor dan dievaluasi baik ukuran volume serta material yang digunakan.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com