Bupati HSU dan Kepala SKPD Tandatangani Komitmen Bersama

oleh -173 views
AMUNTAI, K.Pos – Pemerintah Kabupaten Hulu sungai Utara (HSU) melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Oleh Pimpinan Daerah dan Seluruh Kepala SKPD di HSU.
Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional(SP4N) Menggunakan Aplikasi Laporan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Bersama Bupati HSU dengan Kepala SKPD.
Turut berhadir Kepala Dinas KOMINFO Provinsi Kal-Sel Drs H. Gusti Yanuar Nur Rifai,M.Si dan Ketua OMBUDSMAN Kal-Sel Noorhalis Majid beserta jajarannya.
Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan terimakasih dan penghargaan ynag tinggi kepada Diskominfo Kalsel dan juga Ombudsman Provinsi Kalsel yang turut hadir dan menyaksikan penandatanganan komitmen bersama SP4N melalui Laporan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat(LAPOR).
Dengan ditandatanganinya naskah komitmen penerapan(SP4N-LAPOR) oleh pimpinan SKPD ini berarti telah berkomitmen untuk mengelola pengaduan publik. “Melalui LAPOR karenanya kami minta kepada kepala SKPD agar sungguh sungguh menindak lanjuti dan melaksanakan kebijakan strategis dalam layanan publik ini dengan baik dan penuh tanggung jawab. Mengingat pengelolaan pengaduan merupakan hal yang penting sebagai sarana perbaikan pelayanan publik, ” katanya.
Selain itu hal ini juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat, dasar pengambilan keputusan atau kebijakan serta mengawal akuntabilitas pemerintah. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan peraturan presiden nomor 95 tahun 2018, tentang sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) sekaligus surat edaran menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 4 tahun 2016 tentang pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional bagi pemerintah daerah di dalam SP4N-LAPOR.
“Oleh sebab itu sekali lagi kami minta agar pengelolaan pengaduan ini dapat dikelola dengan baik, dan cepat dalam merespon dan menindak lanjuti serta melaporkan setiap masukan atau pengaduan Publik. Sehingga SP4N-LAPOR benar benar dapat berfungsi sebagaimana peran dan fungsinya, ” sampainya.
Noorhalis Majid selaku Kepala Perwakilan OMBUDSMAN Kal-Sel berharap, seluruh SKPD penyelenggara pelayanan publik terhubung dengan aplikasi ini.
” Karena kalo ada masyarakat yang komplen atas pelayanan publik bisa ditindak lanjuti dan bisa di ketahui. Terlebih sistem ini juga terhubung dengan sekretariat presiden dan OMBOSMAN, jadi dalam kontek pelayanan publik seluruh komplen masyarakat itu bagian dari pelayanan publik dan kita sebagai penyelenggara pelayanan harus merespon laporan tersebut, dan kami sangat berharap HSU seluruh SKPD nya sudah terkoneksi dan sudah terhubung,” pungkasnya.

Penulis: Adiyat/tim
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com