Abrasi Pesisir Pagatan Dekati Pemukiman

oleh -1.270 views

BATULICIN, Kalselpos.com -Kawas Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir terkena abrasi yang cukup kritis. Abrasi ini terjadi di lima desa, yang pertama Desa Pejala, Desa Juku Eja, Desa Wiritasi, Desa Gusunge dan Desa Sungai Lembu.

Di Desa Juku Eja, Desa Pejala dan Gusunge sebagian sudah dibikin siring dan sebagian bronjong untuk penahan abrasi yang diakibatkan oleh ombak.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Agustan Kepala Desa Gusunge mengatakan, untuk jarak bibir pantai yang terkena abrasi ke pemukiman masyarakat hanya berjarak 10 meter hingga 15 meter saja.

Dan, untuk jarak bibir pantai ke aspal antara 30 hingga 40 meter di desa nya.

Disampaikannya, , untuk masyarakat di pesisir Pantai Pagatan sangat membutuhkan Bronjong sebagai penahan ombak begitu juga dengan Growing.

“Growing memiliki fungsi sangat dominan. fungsi yang pertama sebagai pemecah ombak dan fungsi kedua untuk menarik kembali pasir ke daratan ,”beber nya.

Hal yang sama di sampaikan kepala desa Sungai Lembu Dirhamsyah, dijelaskan nya untuk Growing di sekitaran pantai pagatan khusus nya di lima desa masih kurang banyak, termasuk ukuran panjang nya masih kurang.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

“Untuk standar panjang Growing yang ideal panjang nya 150 M dari bibir pantai menjorok ke laut. Namun, growing yang ada panjang nya hanya 50 M hingga 70 M,” ucap nya.

penulis:kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com