378 Rumah sempat terendam Banjir di Kecamatan Mandau Telawang

oleh -655 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Pasca bencana kabut asap saat musim kemarau, kini memasuki musim hujan dengan intensitas yang tinggi membuat aliran Sungai Kapuas meluap.

Akibatnya, ratusan rumah warga terendam di Kecamatan Mandau Telawang, Desa Jakatan Masaha dan Desa Sei Pinang, Sabtu (26/10).

Baca juga=Komite SIT Al Amin dan Dinsos Kapuas gelar Bakti Sosial

Menurut data Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops PB BPBD) Kabupaten Kapuas, tanggal 27 Oktober 2019, pukul 17.53 Wib, di Desa Jakatan Masaha ada 89 unit rumah yang terendam, 1 buah rumah ibadah, 1 kantor  desa, dan 1 sekolah dengan 89 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak.

Sedangkan di Desa Sei Pinang, jumlahnya jaub lebih banyak mencapai 286 rumah tergenang, dengan 316 KK yang terdampak.

Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga SH menjelaskan, laporan di terima beberapa hari yang lalu di Wilayah Kecamatan Mandau Talawang terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Pada tanggal 26 Oktober 2019, sekitar pukul 22.00 WIB Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, meluap dan alat sistem peringatan dini banjir yang terpasang di Desa Sei Pinang memberikan peringatan Siaga 1 dan 2.

“Akibat kejadian tersebut jalan umum desa, permukiman warga dan fasilitas umum tergenang sampai dengan terendam. Laporan sementara dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa atau luka-luka,” terang Panahatan Sinaga SH.

Dijelaskannya, pada hari itu pula sekitar pukul 16.40 Wib kondisi debit air berangsur turun. Masyarakat tidak ada yang mengungsi karena kondisi masih dianggap aman dan EWS (early warning system) berfungsi dengan baik.

Baca juga=Komite SIT Al Amin dan Dinsos Kapuas gelar Bakti Sosial

“BPBD Kabupaten Kapuas berkoordinasi dengan Pihak terkait, perangkat kecamatan serta perangkat desa, melakukan pendataan di lokasi kejadian,” tambahnya.

Penulis  : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com