DPMD HSU gelar Rakor Program Inovasi Desa 2019

AMUNTAI, K.Pos – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Tim Inovasi Kabupaten (TIK) menggelar Rapat koordinasi program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Hulu Sungai Utara 2019 di Aula pertemuan Menosa Resort kota Amuntai.
Rakor TIK guna menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana yang lebih efektif dan inovatif.
Plt DPMD  H Joharyadi da mengataka, PID merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi didalam agenda mewujudkan nawacita dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2015 sampai dengan 2019.
Program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana serta pelaksanaan pembangunan desa sejarah berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, SDM dan SDA yang memiliki daya saing dan kemandirian ekonomi.
“Untuk perencanaan pembangunan daerah maka perlu mengembangkan kawasan yang inovatif salah satunya dengan belajar cerita sukses dari desa-desa lainnya,” katanya.
Melalui pertukaran pengetahuan antar desa dan proses pembelajaran satu sama lain, dapat menghasilkan sistem pembangunan yang efektif sesuai dengan harapan.
Ia berharap kegiatan ini menjadi media pembelajaran dan peningkatan kapasitas bagi pelaku program PPMD baik terkait konsep, prosedur, tahapan maupun kebijakan-kebijakan lain dalam pendampingan PID.
Dalam rapat koordinasi TIK ini juga hadir kaDinkes HSU dr H Agus Fidliansyah, Tim Inovasi Kabupaten, aparat desa, Camat, pendamping desa serta Tim pelaksana Inovasi Desa.

Penulis : Adiyat/tim
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait