Pemuda Peduli Lingkungan, Bersihkan Sungai Nagara

AMUNTAI, Kalselpos.com – Sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan sekitar, sudah selayaknya turut menjaga kebersihan.

Seperti halnya aksi pemuda-pemudi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini. Ratusan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan dan pencinta lingkungan yang tergabung pada ‘Aksi Gerakan Pemuda HSU Peduli Lingkungan’ ini menggiatkan bersih – bersih sungai bersama unsur Pemerintah Kabupaten HSU.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

Lokasi yang menjadi Aksi kali ini berada di kawasan aliran Sungai Nagara, tepatnya dibawah Jembatan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, Minggu (13/10).

Kegiatan aksi, diprakarsai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) HSU bersama Bupati HSU H. Abdul Wahid HK beserta jajaran pemerintah terkait, seperti Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU yang ikut terjun langsung membersihkan sungai.

Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari, SKM
mengatakan, aksi gerakan pemuda HSU peduli lingkungan salah satu upaya mengurangi penceramaran lingkungan khususnya di sungai HSU.

“Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rangkaian dari kegiatan sumpah pemuda. Dimana aksi ini di partisipasi seluruh pemuda di HSU dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan kualitas lingkungan di HSU” kata Almien.

Almien yang juga Ketua DPRD Kabupaten HSU ini, turut mengajak kepada seluruh pemuda yang ada di HSU untuk mengurangi limbah sampah yang mengakibatakan pencemaran lingkungan di HSU dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Semantara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK saat di wawancarai juga mengungkapkan, kegiatan aksi bersih – bersih sungai di kawasan sungai nagara dan jembatan paliwara ini sangat positif. Bahkan, hal ini membanggakan, karena generasi pemuda sadar tentang perlunya kebersihan lingkungan.

Wahid menghimbau kepada seluruh masyarakat di HSU untuk berusaha tidak membuang sampah di sungai. Sampah yang terbuang di sungai dari Hulu akan terbawa arus sehingga dampaknya adalah masyarakat yang berada di Hilir.

“Masyarakat agar tidak sama sekali membuang sampah ke sungai, buanglah sampah pada tempatnya, ” tegas Wahid.

Wahid berharap kepada seluruh masyarakat, agar menyediakan tempat pembuangan sampah di rumah masing masing terutama sampah plastik dan sampah rumah tangga.

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

“Buanglah sampah di tempat tertentu atau di buang tempat pembuang sampah sementara. Dengan membuang sampah seperti ini secara tidak sengaja telah membantu anak cucu kita menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan,” pesan Wahid.

Penulis : adiyat
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S.A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait