Ratusan Peserta Ikuti Pertemuan Intervensi PIS-PK

BATULICIN, Kalselpos.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Bumi Bersujud, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pertemuan intervensi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang diikuti ratusan peserta di gedung Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (2/10).

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Bacaan Lainnya

Kasi Pelayanan Kesehatan Tradisonal, Andriyasari, selaku panitia pelaksana mengatakan kegiatan ini merupakan program dinas kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Tanah Bumbu. Sekaligus juga menindaklanjuti program PIS-PK terkait tentang pelayanan di bidang kesehatan.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Hj Mariani, mengatakan PIS-PK merupakan salah satu program nasional di bidang kesehatan.

“Hal ini dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal,” ujarnya.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016, tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, maka pemerintah telah menetapkan bahwa pelaksana program ini adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Bupati berharap komitmen semua pihak, terkhusus kepada peserta, agar dapat mengintegrasikan program dan kegiatan, serta langkah lain yang dibutuhkan, dalam menguatkan manajemen puskesmas, yang menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan dan sarana prasarana kesehatan.

“Jika semua berperan dan berfungsi sebagaimana mestinya, serta berkinerja baik, bukan tidak mungkin kita mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi (AKI dan AKB), mencegah terjadi prevalensi balita pendek (stunting), serta kita dapat menanggulangi terjadinya penyakit menular dan tidak menular, yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bumi Bersujud,” paparnya.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Kegiatan pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan Dinkes Provinsi Kalsel, Balai Pelatihan Kesehatan Kalsel, Kadis Kesehatan Tanah Bumbu, kepala puskesmas, bidan, perawat, tenaga ahli gizi desa, dan pengurus program kegiatan dari Dinkes Tanah Bumbu dengan jumlah keseluruhan mencapai 250 orang peserta.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait