500 Mahasiswa UIN Laksanakan KKN di Bumi Bersujud

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menerima 500 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 71 desa dari 10 kecamatan se Tanah Bumbu.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Rooswandi Salem menerima secara langsung mahasiswa peserta KKN di halaman Kantor Bupati, Gunung Tinggi, Rabu (02/10) pagi, yang diikuti para asisten, staf ahli, Pejabat Pemkab Tanah Bumbu, camat, dan kepala desa.

KKN yang merupakan kegiatan akademik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Tanah Bumbu ini akan dilaksanakan selama 2 bulan terhitung mulai 2 Oktober sampai 2 Desember 2019.

Melalui KKN ini mahasiswa akan dituntut untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat pedesaan. Mahasiswa juga dituntut untuk belajar memecahkan persoalan sosial keagamaan di masyarakat sesuai program studi masing-masing.

Selain itu, kehadiran mahasiswa KKN juga akan menjadi mitra kerja masyarakat dalam hal peningkatan pembangunan di pedesaan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin, Yahya Mof, mengatakan program kerja mahasiswa saat KKN nantinya meliputi kegiatan keagamaan fisik maupun non fisik, lintas sektoral yang bekerjasama dengan unsur pemerintah sesuai keperluan di masyarakat, dan manajemen administrasi desa.

Ia menyebutkan, 500 mahasiswa KKN tersebut berasal dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin Humaniora, dan Fakultas Syariah dengan puluhan Program Studi atau jurusan.

“Mereka yang ikut KKN memiliki disiplin keahlian masing-masing diantaranya matematika, bahasa inggris, PAUD, ekonomi bisnis, hukum, dakwah, dan filsafat. Semua berkolaborasi dan akan menerapkan ilmunya di pedesaan,” ucapnya.

Yahya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang memfasilitasi terlaksananya kegiatan KKN UIN Antasari di Tanah Bumbu.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, dalam sambutan tertulisnya disampaikan, Sekretaris Daerah, H Rooswandi Salem, menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Bersujud, serta ucapan terimakasih kepada Rektor UIN Antasari Banjarmasin atas kepercayaan dan menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di Tanah Bumbu.

Ia berharap kehadiran mahasiswa KKN ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan ikut mencerdaskan masyarakat di Tanah Bumbu. Karena KKN merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pemerintah daerah juga berharap para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat. Sehingga, membantu mengurai dan mencari solusi permasalahan yang ada di masyarakat, serta menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat untuk lebih maju dalam pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Bumi Bersujud.

Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hj Nida Mupida, mengatakan KKN di Tanah Bumbu ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh UIN Antasari Banjarmasin.

Dengan adanya KKN ini diharapkan dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk berkiprah dalam membangun desa dengan memberikan sumbangsih ide, inovasi, dan gagasan dalam pengelolaan potensi desa yang berujung pada memperkuat ketahanan ekonomi desa.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Hj Nida berpesan dan meminta kepada mahasiswa selama KKN agar menjaga sikap, etika, jaga kesehatan, saling peduli dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Tanah Bumbu.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait