Yusuf Tewas digigit King Kobra

oleh -817 views
King Kobra.(ist)

BARABAI, kalselpos.com – Muhammad Yusuf, warga desa Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) meninggal dunia karena digigit ular kobra ketika mencari ikan di persawahan desa tersebut, Minggu (29/9/2019).

Baca juga=Saat aksi Save Meratus di Barabai Bupati tak ada di Tempat

Pria 20 tahun tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit H Damanhuri Barabai, namun karena bisa kobra sudah menjalar kesekujur tubuhnya, nyawa Yusuf tidak terselamatkan.

Junaidi, kakak kandung Muhammad Yusuf mengatakan, pagi Minggu, Usup pergi mencari ikan ke sungai dibelakang rumah seorang diri. Dia menemukan lubang kecil  dipinggir sungai kecil yang airnya surut. Lalu dia masukkan lengan kanannya ke lubang tersebut yang dikiranya ada ikan. Ternyata bukan ikan yang bersarang disana, namun rupanya ular kobra berwarna hitam seukuran pergelangan tangan lagi berada disitu. “Merasa terusik, maka ular kobra itupun menggigit jari tengah lengan kanan Yusuf dan sempat terjadi tarik – menarik,” ujar pria yang akrab disapa Junai tersebut kepada Kalsel Pos.

Usai digigit kubra, Yusuf masih sadar, sambil menahan sakit, dia berlari pulang menuju rumah. Sesampainya di rumah dia menceritakan kepada keluarganya bahwa baru saja di gigit ular. “Oleh keluarga disarankan segera memakan tanah sebagai sesarah kami dikampung bila di patuk ular,” ujar Junai.

Setelah memakan tanah sebagai sesarah turun – temurun, keluarga membelikan obat penahan sakit ke warung dan menjerat pergelangan Yusuf dengan kain agar bisa ular tidak menjalar.

Namun rupanya semua sudah terlambat. Usai diminumkan obat, tidak lama akhirnya Yusuf tumbang. “Melihat Yusuf siup, kami bawa ke rumah sakit. Sampai disana jar dokter Yusuf sudah meninggal dunia, lalu kami bawa pulang lagi ke kampung,” jelasnya.

Seperti biasanya, warga kampung tidak serta merta mengamini penjelasan dokter yang menyatakan meninggal dunia. Karena berkaca dari pengalaman terdahulu orang yang digigit ular masih bisa hidup meski dinyatakan meninggal.

“Atas saran tetuha kampung, kami diamkan Yusuf sampai pagi tadi (Minggu, red) dan setelah diyakini meninggal akhirnya kami putuskan untuk menguburnya habis salat Zuhur,” ujar Junai sambil berlinang air mata.

Dari catatan Kalsel Pos, beberapa bulan yang lalu, Mariam, warga desa yang sama juga digigit ular kobra di kakinya ketika sedang memanen padi di hutan Katiau di kampung tersebut.

Baca juga=Saat aksi Save Meratus di Barabai Bupati tak ada di Tempat

“Namun nyawa Mariam masih bisa tertolong setelah dilakukan pertolongan oleh warga dengan segera membawanya ke rumah sakit,” ujar Rohaniah tetangga Mariam.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com