Warga Teluk Tiram gelar Tolak Bala

oleh -328 views
Warga Teluk Tiram Darat Gelar Tolak Bala Jumat malam (20/19/2019)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Maraknya musibah kebakaran yang terjadi di kota Banjarmasin akhir-akhir ini, membuat sebagian warga kota seribu sungai menggelar ritual tolak bala.

Baca juga=Kalimantan Post dan Banjarmasin Post Juara 1 dan 2, Kejuaraan Bulu Tangkis HUT Kalselpos ke 4

Salah satunya warga Jalan Teluk Tiram Darat Kelurahan Teluk Tiram dan Telawanh Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Diantara warga yang melaksanakan tolak bala ini antara lain warga Gang Palang Merah,Gang Tiga Empat,Gang Odi,Gang Delima,Gang Musyafir Gang Pendamai dan Gang Musyawarah.

Dengan diawali membaca surah Yasin,Salawat Burdah dan salawat lainnya,waga berdo’a memohon agar senantiasa diberikan keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya.

Kemudian sembari membawa salawat warga pun melanjutkan dengan arak arakan berkeliling kampung. Biasanya warga akan membuka pintu saat rombongan melintasi rumah mereka.

Diantara rombongan yang melakukan tolak bala ini,juga ada yang secara khusus membagikan air Salawat Burdah. Tak sedikit anak anak yang turut bersama orangtuanya ikut memercikan air ke rumah rumah warga. Tak sedikit pula warga yang ada di rumah berebut untuk meminta air yang telah di bacakan Salawat.

Jalannya arak arakan tolak bala ini pun diwarnai beberapa kali kumandang adzan disetiap sudut kampung.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Ismail Rafi menuturkan, kegiatan tolak bala ini, dimaksudkan untuk memohon kepada Tuhan yang maha esa agar senantiasa warga kampung disini mendapatkan keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya, mengingat akhir-akhir ini musibah kebakaran sering melanda.

“Ada beberapa RT yang sepakat untuk menggelar Tolak Bala ini secara bersamaan, intinya pada kegiatan tolak bala ini kami memohon ke pada Allah SWT agar senantiasa dijauhkan dari musibah,apa lagi di musim kemarau seperti ini sering terjadi kebakaran,” ungkap Ismail Rafi.

Gelar tolak bala yang dipusatkan di mushola Darussalam ini mendapat dukungan penuh warga setempat.

Baca juga=Kalimantan Post dan Banjarmasin Post Juara 1 dan 2, Kejuaraan Bulu Tangkis HUT Kalselpos ke 4

 

Ritual tolak bala kerap dilakukan sebagian masyarakat Banjarmasin terlebih di saat musim kemarau ataupun saat seringnya terjadi musibah kebakaran.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com