Tatib Dewan rampung Pekan Depan

oleh -194 views
H Hasanuddin Murad

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pembahasan tata tertib (Tatib) yang dibahas panitia khusus (Pansus) DPRD Provinsi Kalsel periode 2019 – 2024 diharapkan rampung paling lambat pekan depan. Dengan memuat catatan pencerahan dari Kemendagri,

Baca juga=Kalimantan Post dan Banjarmasin Post Juara 1 dan 2, Kejuaraan Bulu Tangkis HUT Kalselpos ke 4

“Kita harapkan akan lancar atau cepat pembahasannya. Memang kami Pansus Tatib baru pencerahan dari Kemendagri terkait peraturan tata tertib DPRD,” ujar Ketua Pansus revisi peraturan Tatib, H Hasanuddin Murad, kepada awak media Jumat (20/9).

Ditambahkannya, Pansus Tatib bersepakat fokus membahas atau pendalaman terhadap materi yang substansial dengan anggapan cukup krusial saja. Sedangkan selebihnya merupakan elaborasi dari peraturan perundang-undangan yang terkait, apalagi Tatib DPRD ini adalah marwah atau roh dari lembaga legislatif itu sendiri.

“Ya Tatib ini sama halnya dengan jiwa atau rohnya dewan dalam melaksanakan kegiatan dan sekarang tahap pembahasan,” terang mantan Bupati Batola 2 periode ini.

Lanjut Hasanuddin, sesuai kesepakatan Pansus mulai melakukan pembahasan kembali terhadap Tatip DPRD Kalsel tersebut, pada hari Selasa (24/9), semoga hasilnya bisa meningkatkan profesionalitas kinerja bagi 55 anggota DPRD Provinsi Kalsel dalam menjalankan amanah rakyat 5 tahun kedepan.

“Ya berdasarkan Tatib itulah anggota dewan bisa melakukan kegiatan dalam menjalankan amanah sesuai tugas pokok dan fungsi selaku wakil rakyat,” sebut pasangan atau suami Hj Noomiliyani AS SH yang kini Bupati Batola menggantikan dirinya itu.

Oleh sebab itu, sambung politisi Golkar ini pembahasan Tatib tersebut harus mendalami dan lebih seksama agar aflikatif guna menjaga marwah DPRD Kalsel, jangan sampai ada kesan dengan beranggapan Tatib DPRD yang mereka bahas merupakan “copy paste” dari Tatib terhulu.

Baca juga=Kalimantan Post dan Banjarmasin Post Juara 1 dan 2, Kejuaraan Bulu Tangkis HUT Kalselpos ke 4

“Memang Tatib terdahulu jadi acuan untuk penyempurnaan atau penyesuaian sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman,” tutup Hasanuddin.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com