Sekda Kotabaru Menutup Pelatihan Alat Berat

oleh -344 views

KOTABARU, K.Pos -Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs H Said Ahmad, MM mengahadiri penutupan pelatihan alat berat hasil kerja sama Pemerintah Daerah dengan PT Arutmin Indonesia NPLCT, Rabu (04/9).

Baca juga=Bupati Kotabaru serahkan Bantuan Lampu Tenaga Surya

Penutupan ini bertempat di Wisma Pemancingan PT Arutmin Indonesia yang dihadiri oleh Ketua sementara DPRD Kotabaru, Kepala Dinas Ketenaga Kerja dan Trasmigerasi Kotabaru, Maneger PT Arutmin Indonesia, perwakilan dari Polres Kotabaru, Danlanal, Tamu undangan dan para peserta kursus pelatihan alat berat.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah H Said Akhmad menyampaikan, tentunya kompetensi tenaga kerja merupakan suatu keharusan yang harus kita persiapkan secara bersama-sama untuk dapat menghadapi persaingan global yang tidak akan mungkin kita hindari karena dalam kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Lebih jauh dijelaskan, melalui pelatihan ini Pemerintah Daerah bersama-sama dengan PT Arutmin Indonesia telah menyiapkan tenaga-tenaga operator alat berat junior yang akan mampu untuk mengisi lowongan-lowongan kerja yang diperlukan perusahaan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran pihak dari manajemen PT Arutmin Indonesia yang telah berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan operator alat berat dan juga berbagai pelatihan baik untuk para pencari kerja serta program magang kerja yang telah dilaksanakan selama ini,” ungkap Said Akhmad.

Pelatihan operator alat berat yang sudah dilakukan ini lanjut Sekda, “tentunya merupakan keinginan Bupati terhadap perusahaan-perusahaan yang ada di Kotabaru untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa untuk dapat bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi dan BLK kita, sehingga nantinya akan dapat mengisi formasi operator maupun mekanik alat berat diberbagai perusahaan yang ada di Kotabaru ini serta nantinya perusahaan tidak akan perlu lagi untuk mencari dan mendatangakan operator-operator dari luar daerah karena kita sudah menyiapkan melalui program-program kerjasama pelatihan yang dilaksanakan oleh perusahaan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi dan BLK Kotabaru,” jelasnya.

Sebagai tindak lanjut pasca pelatihan kepada para pemimpin perusahaan kiranya akan dapat menyerap para lulusan operator alat berat sesuai formasi yang tersedia dimasing-masing perusahaan atau sebelumnya melalui proses magang kerja. Para operator alat berat junior tentunya masih perlu pembelajaran dan bimbingan lebih lanjut dimasing-masing perusahaan sehingga nantinya akan menjadi operator yang handal.

Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru agar terus dan selalu berkoordinasi ke Pemerintahan Pusat dalam hal ke jajaran Kementerian Ketenagakerjaan juga ke semua perusahaan di Kotabaru baik sektor pertambangan, perkebunan dan sektor lainnya untuk dapat menjalin kerjasama dalam pelatihan dan pemagangan untuk penanggulangan pengangguran di Kabupaten Kotabaru ini.

Begitu juga kepada para pimpinan perusahaan yang lain kiranya akan dapat mencontoh kebijakan yang telah dilakukan oleh PT arutmin dengan menggunakan dana CSRnya dapat melaksanakan pelatihan operator alat berat yang bekerjasama dengan Disnakertrans dan BLK sehingga kita bisa menyiapkan tenaga operator dengan jumlah yang cukup untuk dapat memenuhi pasar kerja di Kotabaru dan juga kepada peserta latihan saya mengucapkan keberhasilannya dalam mengikuti pelatihan serta akan dapat memanfaatkan kemampuan yang telah dimiliki secara bertanggung jawab karena manfaat yang akan diperoleh dalam mengikuti pelatihan ini bukan untuk orang lain tetapi untuk kalian sendiri dalam menghadapi hari esok yang lebih cerah lagi.

Sedangakan Port Manager PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru, H Hafiz SijahruI Iwan juga menyampaikan, pihak dari kami juga akan memagangkan berberapa orang peserta yang sudah ikut latihan ini tentunya mereka nanti harus mengikuti aturan-aturan yang ada di perusahaan ini.

“Kedepan nanti selain pelatihan alat berat kami juga ingin melakukan pelatihan mandiri yaitu dimana para peserta yang mengikuti akan di didik dan dibina agar mampu dan bisa untuk dapat bekarya diarea lokasi tempat tinggalnya seperti pelatihan cukur rambut yang akan dilaksanakan nanti. Dengan begini diharapkan mereka akan bisa untuk dapat mandiri dan tidak tergantung dengan perusahaan,” ucapnya.

Baca juga=Bupati Kotabaru serahkan Bantuan Lampu Tenaga Surya

Banyak program-program yang dilakukan oleh perusahaan diantaranya kesehatan, posyandu, pendidikan dan masih ada yang lain tapi itu semua sesuai dengan proporsinya masing-masing.

“Diharapkan dengan pelatihan semacam ini tentunya akan mengurangi sedikit demi sedikit tingkat penggaguran di Kabupatan Kotabaru,” tandasnya.

Penulis : Muliana/ardiansyah/uzi
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com