Pengolahan Limbah Plastik di Batulicin Banyak Serap Tenaga Kerja

oleh -664 views

 

BATULICIN, Kalselpos.com – Ada sekitar setenggah hektare area penumpukan limbah plastik sepintas tak berguna, namun banyak faedahnya dengan menyerap tenaga kerja sebanyak puluhan orang.

Baca juga=Polsek Batulicin Bekuk Dua DPO Curas

Jauh dari keramaian, lokasi penumpukan limbah plastik yang dikelola cukup ekonomis dimulai dari pengepresan hingga pencacahan ini terletak di Jalan Lingkar Utara 30, Desa Maju Bersama Kecamatan Batulicin.

Fikri Alfian (31) pengelola usaha limbah plastik mengatakan, setidaknya memiliki  karyawan sebanyak 25.

“Ada karyawan tetap dan karyawan harian. dengan pendapatan rata rata karyawan tetap Rp 4jt/bulan dan karyawan harian 70.000 hingga 80.000 /hari nya.

Sepintas kotor dan tak berharga. namun, usaha ini lebih ekonomis dan mampu memperkerjakan cukup banyak orang. Mulai dari pembersihan plastik, pemilahan jenis plastik, proses pres dan yang terakhir pencacahan plastik semua menggunakan tenaga kerja manusia.

Diterangkan nya, pengolahan limbah setenggah jadi dikirim langsung ke Pulau Jawa.

Baca juga=Polsek Batulicin Bekuk Dua DPO Curas

“Saya berharap, mudah mudahan kedepan Pemerintah Daerah melalui dinas terkait mampu memperhatikan bidang usaha kecil seperti ini. dengan cara memberikan bimbingan dan penyuluhan serta pengolahan limbah plastik supaya bisa dikelola lebih maksimal lagi,”pungkasnya.

Penulis:kristiawan
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com