Pemasaran Buah Nanas dan Jeruk perlu dukungan Dinas terkait

oleh -248 views
H Karlie Hanafi Kalianda

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pemasaran hasil pertanian selain beras juga harus diperhatikan, seperti Nanas, Jeruk, Cabai dan komoditas lainnya. Pasalnya, hasil pertanian bukan beras, semata, oleh karena itu sudah sepatutnya perhatian sekaligus pembinaan oleh instansi terkait, seperti Dinas Koperasi yang ada di kabupaten maupun kota.

Baca juga=Siap Berlaga pada Pilkada Kota Banjarmasin

Hal ini berdasarkan pengamatan anggota DPRD Kalsel, H Karlie Hanafi Kalianda ketika melaksanakan kegiatan reses di daerah pemilihan (dapil) Barito Kuala(Batola).

“Kabupaten Barito Kuala, komoditas pertanian tak hanya tanaman padi, meski di Bumi Ije Jela ini jadi sentra beras, tapi ada komoditas lainnya, yakni tanaman Nenas, Jeruk, Cabai dan lainnya,” ujar Karlie kepada wartawan belum lama ini.

Menurut Karlie, keberadaan para petani Nenas maupun Jeruk ini perlu ada semacam kelompok, grup atau badan, tujuannya untuk memudahkan mereka dalam pemasaran hasil komoditasnya tersebut.

Hal ini telah ditunjang dengan hasil produksinya yang sudah bagus dan berjalan baik, apalagi seperti Nanas ini jarang terkena penyakit begitu juga dengan buah Jeruk.

“Perlu didorong lagi, apalagi kualitas produksi baik,” terang politisi golkar ini.

Lanjut Karlie untuk membantu para petani ini perlu adanya pendirian koperasi-koperasi agar bisa menstabilkan harga serta jaringan pemasaran, termasuk perlunya industri pengalengan dan dibina oleh dinas terkait yang ada di kabupaten.
Hal ini berbeda dengan petani padi, mereka sudah ada gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang sangat membantu dalam pendistribusian pupuk. Sehingga ini perlu di contoh oleh petani lainnya di luar komoditas Padi.

“Petani Nanas, Jeruk dan lainnya harus dibina dan dibimbing serta dibentuk kelompok-kelompok tani,” imbuhnya.

Karlie pun menyarankan Dinas Koperasi di kabupaten harus membina dan membimbing para petani itu.

Baca juga=Siap Berlaga pada Pilkada Kota Banjarmasin

“Bentuk lah koperasi-koperasi pemasaran dan penampungan serta bina dan bimbing lah mereka oleh Dinas Koperasi di kabupaten,” pungkasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com