PDAM janji, Siang Ini Ledeng mulai dialirkan

oleh -600 views
Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H. Supian, ST, MT ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan (Sidik)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Progres pekerjaan rehabilitasi pipa distribusi dan transfer diameter 800 mm di IPA 2 Pramuka kini sudah masuk tahap finishing, dan jika tidak ada kendala mulai jam 12 siang ini air sudah mulai didistribusikan kepada pelanggan secara bertahap.

Baca juga=Pelantikan DPRD Banjarmasin dihadiri Berbagai Kalangan

” Insha Allah siang ini selesai dan bertahap mulai jam 12 air mulai didistribusikan kepelanggan,” ujar Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H. Supian, ST, MT kepada awak media Senin (09/09)

Ia menambahkan, sejak diketahui adanya kerusakan pipa ini sebenarnya bukan karena pipa pecah melainkan sambungan pipa terlepas, dan hal ini terjadi karena faktor alam karena usia pipa dan sambungan itu sudah beurmur sekitar 15 tahun. Kemudian setiap panjang pipa 11 meter itu pasti ada sambungan dikalikan sepanjang pipa yang tertanam 1300 km jika di bagi disetiap sambungan terdapat sebanyak 110.000 titik sambungan.

“Secara spesifikasi teknis kondisi pipa masih bagus dan layak, hanya saja sambungan di pipa tersebut lepas,” terangnya

Lanjut Supian sebenarnya titik pipa yang bocor itu tidak jauh dari boster IPA 2 jaraknya sekitar 60 meter, artinya selain faktor tekanan air yang kuat, kondisi ini juga di perparah beban hilir mudik kendaraan diatas tanah tersebut membuat tekanan kedalam yang menimbulkan resiko perpipaan.

“Ya ada beberapa faktor yang menimbulkan resiko perpipaan air ledeng ini,” beber Supian

Baca juga=Pelantikan DPRD Banjarmasin dihadiri Berbagai Kalangan

Sebelumnya sejumlah pelanggan di Kecamatan Banjarmasin Utara, Barat dan Selatan serta Sungai Lulut dihentikan pendistribusian karena adanya kerusakan atau terlepasnya sambungan pipa PE diameter 800 mm IPA 2 Pramuka yang mengaliri di pipa boster Benua anyar, Sungai lulut, Banjarmasin barat dan Gelirya pada hari Minggu 8 September 2019 sekitar pukul 08.30 Wita.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com