Kualitas Udara di Kalsel Memprihatinkan

oleh -357 views
Kabut asap menyelimuti kota Banjarmasin dan Banjarbaru

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Buruknya kualitas udaradi wilayah Kalimantan Selatan akibat kebakaran hutan dan lahan sudah sangat memprihatinkan.

Sudah dua hari terakhir ini, kabut asap menyelimuti Kota Banjarmasin Banjarbaru dan sekitarnya. Akibat dari itu, dampaknya telah mengganggu aktivitas masyarakat terutama para pengguna jalan.

Baca juga=Pelantikan DPRD Banjarmasin dihadiri Berbagai Kalangan

Seperti yang terpantau Kalsel pos di beberapa ruas jalan di Kota Banjarmasin. Kabut asap masih terlihat meski hari sudah beranjak siang.

Selain di Kota Banjarmasin,kabut asap juga menyelimuti wilayah Jalan Gubernur soebarjo Jalan Ahmad Yani Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dan Jalan Ahmad Yani Kelurahan Landasan Ulin Barat Kota Banjarbaru.

Para pengguna jalan pun khususnya pengendara roda 2 terpaksa harus mengenakan masker. Seperti salah seorang pengguna jalan serangga yang biasa berolahraga dengan bersepeda ini merasa sangat terganggu dengan kualitas udara yang sangat buruk.

“Sangat terganggu sekali karena aktivitas sehari hari kita berolahraga dengan bersepeda,saya berharap pemerintah bisa mengatasi persoalan kebakaran lahan yang akhir akhir ini marak,” ungkap Pria yang berdomisili di Kota Banjarbaru ini.

Senada dengan Yuliana mahasiswi Uniska Banjarmasin yang bertolak dari Banjarmasin menuju Kandangan ini,mengaku sangat terganggu dengan adanya kabut asap ini, Ia menghawatirkan terbatasnya jarak pandang akibat kabut asap tebal ini.

Yuliana / Pengguna jalan
(Ahmad Fauzie)

“Yang jelas jarak pandang sangat pendek sehingga harus berjalan dengan pelan meski sudah menyalakan lampu darurat,” ucapnya.

Yuliana juga mengharapkan pihak terkait khususnya pemerintah dapat segera mengatasi persoalan yang tiap tahun kerap terjadi ini.

Baca juga=Pelantikan DPRD Banjarmasin dihadiri Berbagai Kalangan

Kabut asap ini juga melumpuhkan aktivitas penerbangan di di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Dilaporkan ada sebanyak tujuh maskapai penerbangan menunda keberangkatannya.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA.Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com