Kaum Perempuan Desa Dilatih Berpolitik

oleh -344 views

RANTAU, Kalselpos.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapin menggelar pelatihan kesetaraan dan keadilan gender bidang politik bagi lembaga kemasyarakatan dalam mendukungkeguatan peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS). Sabtu (14/9) kemarin bertempat Aula Gedung Serba Guna Parigi Kacil.

Baca juga=Kodim Rantau Gelar Lomba Tari Perang Dayak

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua PKK Tapin Hj Mustaidah Syafrudin Noor dengan dihadiri Kepala DP3A Hj Lailian Noor, Anggota Komisi Pemilihan Umum Tapin Fitria selaku nara sumber, Jajaran PKK Kabupaten Tapin dan ketua PKK Desa Parigi Kacil Sumiati

Wakil Ketua 1 PKK Tapin Hj Musaidah Syafrudin Noor dalam sambutanya, salah satu fenomena yang masih hangat diperbincangkan dalam publik dan politik adalah permasalahan gender dalam sebuah kepemimpinan yaitu keterlibatan perempuan dalam birokrasi.

“Pendidikan politik terhadap warga desa merupakan salah satu alternatif proses demokrasi, “terangnya

Karena melalui cara inilah mereka mendasari bahwa demokrasi merupakan salah satu alat atau saranan yang efektif dan efesin bagi mewujudkan kesetaraan disetiap aspek kehidupan masyarakat desa.

“Melalui pendidikan politik ini diharapkan bisa menambah ilmu pengetahuan tentang politik dan pada akhirmya masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan politik secara maksimal, “ujarnya.

Kepala DP3A Tapin Hj Lailian Noor melaporkan bahwa kegiatan pelatihan ini untuk melaksanakan UU Nomor 1 tahun 2019 tentang kesetaraan gender

“Tujuannya untuk meningatkan pemahaman dan wawasan ilmu pengetahuan bagi kader peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera, “katanya.

Berharap meningkatkan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat mengatahui apa yang disampaikan nara sumber dan Meningkatnya pengetahuan pemahaman dan wawasn tentang kesetaraan gender dibidang politik bagi lembaga pemasyarakatan desa parigi kacil khususnya P2WSS.

Adapun peserta dikuti sebanyak 30 orang kader pkk, karang taruna, kelompok perempuan yang ada di Desa Parigi Kacil

Baca juga=Kodim Rantau Gelar Lomba Tari Perang Dayak

Sementara Nara sumber mendatangan Ibu Fitria dari Komisioner Pemilihan Umum Kabupaten Tapin materi Kesetaraan Gender dalam berpolitik dan Ibu Ni’Mah Azizah dari DP3A materi kesetaraan gender.

Penulis: Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com