Kabut Asap, Warga Diminta Pakai Masker

RANTAU, Kalselpos.com – Bupati Tapin HM Arifin Arpan menghimbau semua warga Tapin yang melakukan aktivitas diluar rumah agar berhati-hati karena cuaca tidak mendukung bagi kesehatan akibat timbulnya kabut asap.

Baca juga=Sepuluh Siswa Bersaing Rebutkan Beasiswa PT Bhumi Rantau Energi

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikannya usai melakukan senam bersama dengan pimpinan SOPD lingkungan pemerintah Kabupaten Tapin. Jumat (6/9) kemarin pagi bertempat Lapangan Dwi Darma Rantau.

Dikatakannya bahwa saat ini masih musim kemarau akibatnya terjadi kebakaran lahan dan hutan dimana-mana, menimbulkan kabut asap yang sudah masuk wilayah kita Tapin.

Kalau warga melakukan aktivitas diluar rumah dikhawatirkan akan terganggu kesehatan yakni bisa menimbulkan penyakit insfeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Untuk memghisari hal tersebut sebaiknya warga bisa menggunakan masker sebagai antisipasi penyakit tersebut.

“Dihimbau warga yang keluar rumah bisa menggunakan masker di saat labut asap masih terjsdi saat ini, “pinta Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapin H Errani Martin mengatakan dalam peningkatan kabut asap ini jadi ada pencegahan yaitu memakai masker.

Pembagian masker yang dibagikan hari ini adalah secara cuma-cuma, hal sebagai himbauan kepada warga masyarakat agar menggunakan masker di saat terjadinya peningkatan kabut asap.

Bagi ibu hami dan anak balita bila kabut asap tebal terjadi agar bisa berada dalam rumah tidak melakukan aktivitas diluar, begitu pula orang dewasa yang mengidap penyakit kronis.

“Jadi apabila kabut asap tebal agar warga yang melakukan aktivitas diluar rumah bisa memakai masker, ” himbau Pa Martin.

Baca juga=Sepuluh Siswa Bersaing Rebutkan Beasiswa PT Bhumi Rantau Energi

Ditambahkan Martin bahwa untuk kebutuhan masker kita siapkan banyak, disediakan di puskesmas-puskesmas Kabupaten Tapin warga masyarakat bisa mengambil di puskesmas, namun dari instansi pemerintah daerah yang memerlulan bisa memohonkan dan mengambil ke dinas Kesehatan Tapin untuk diberikan secara gratis.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait