Gunakan Masker untuk Hindari Ispa Akibat Kabup Asap

oleh -512 views
MENGIMBAU- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS, dr Siti Zainab, mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker untuk menghindari ispa akibat kabut asap.(Kominfo)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Untuk menghindari bahaya kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla), yang bisa menyebapkan infeksi saluran pernapasan atas (Ispa), Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengimbauan warga menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

Baca juga=Tokoh Pemuda Kalsel coba Kelezatan Ketupat Kandangan Kalsel Pos

“Menggunakan masker bisa mengantitisipasi gangguan kesehatan akibat kabut asap,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS, dr Siti Zainab, saat rakor belum lama tadi.

Menurut Zainab, ‎secara kesehatan asap yang ada memang bisa menimbulkan infeksi saluran pernafasan atas, maka dari itu masyarakat agar menghindari beraktifitas terlalu lama di luar ruangan.

Ia mengatakan, bagi yang memiliki bayi dan anak-anak, untuk tidak membawa anak keluar rumah, begitupun dengan para Lanjut Usia (Lansia). “Bagi masyarakat yang ingin beraktifitas di luar ruangan bisa menggunakan masker, yang telah pihaknya disediakan dan bisa diminta di puskesmas,” ujarnya.‎

Dikatakannya, untuk pengukuran tingkat ambang batas kabut asap, pihaknya tidak memiliki alat. Namun, beberapa tahun lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas LH, pernah melakukan pengukuran yang dilakukan di Puskesmas Bayanan, Kecamatan Daha Selatan.

Baca juga=Tokoh Pemuda Kalsel coba Kelezatan Ketupat Kandangan Kalsel Pos

Desa Bayanan dipilih sebagai tempat untuk mengukur ambang batas asap kabut, karena daerah tersebut saat itu ada kebakaran lahan yang mengakibatkan asap kabut. “Pengukuran dilakukan dalam dua hari dari pagi hingga malam hari,” ujarnya.

‎Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com