Garap Laham Serasi, TNI AD 1010 Rantau Gandeng Pengusaha Muda Binuang

oleh -367 views
Babinsa TNI AD Danramil Binuang bersama Dinas Pertanian Tapin dan Gapoktan Raya Belanti pada saat penggarapan lahan serasi di Kec Binuang.

RANTAU, Kalselpos.com – Dalam rangka mempercepat Program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi) di Kabupaten Tapin.

Dinas Pertanian Kabupaten Tapin bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) 1010 Rantau gencar melaksanakan program tersebut dengan menggandeng pengusaha Tapin untuk mendatangkan alat berat digunakan membuat saluran-saluran air di lahan Serasi wilayah Kelurahan Raya Belanti Kecamatan Binuang.

Baca juga=Kemenpar Gelar Bimtek di Rantau

Menurut Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Rio Neswan, program serasi di Kabupaten Tapin tercatat seluas 5.400 hektare yang akan digarap, tersebar di beberapa wilayah Kecamatan se Kabupaten Tapin.

Salah satu yang digarap TNI AD 1010 Rantau bersama Dinas Pertanian Tapin yaitu di Kelurahan Raya Belanti Kecamatan Binuang seluas 500 hektare.

Namun untuk menggarap lahan tersebut belum didukungnya Alat berat oleh Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan, Dandim Rantau dalam menggencarkan Program Serasi menggandeng Mitra salah satunya Pengusaha Binuang sekaligus Tokoh Pemuda yang sudah lama bergelut didunia sosial baik pendidikan dan keagamaan H Muhammad Prayudha.

“Pengusaha Tapin ini membantu mendatangkan alat berat menggarap lahan serasi untuk membuat saluran-saluran air dan petak-perakan sawah, “katanya Minggu (22/9) kemarin

Dengan dibuka saluran-saluran air akan memudahkan para petani bercocok tanam padi dilahan tersebut.

“Adanya saluran air dilahan serasi sangat membantu petani di wilayah Kabupaten Tapin, yang mana pada saat musim kemarau masih ada air dan pada musim hujan tidak terjadi kebanjiran, “katanya.

Pada pekerjaan normalisasi saluran air di kawal langsung oleh Danramil Binuang Kapten Inf Asep Jajaran Dinas Pertanian Kab. Tapin dan Gapoktan dari Kelurahan Raya Belanti.

Baca juga=Kemenpar Gelar Bimtek di Rantau

Dari lahan serasi 500 hektar di Kelurahan Raya Belanti selama dua hari dikerjakan sudah mampu mengarap 8 (delapan) hektare.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com