Desa Pulau Mambulau Anggarkan Sarpras untuk Antisipasi Karhutla

oleh -1.063 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Musibah Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) semakin marak melanda beberapa daerah. Dimana mencapai ratusan hektar lahan dan hutan yang dilalap si jago merah.

Baca juga=Jajaran Polsek Kapuas ajak Masyarakat jadi Pelopor Anti Bakar Lahan

Hal ini merupakan fenomena yang selalu dihadapai dalam siklus tahunan disetiap musim kemarau.

Untuk itu, Kepala Desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh, Alfian Noor, menganggarkan sarana dan prasarana ( Sarpras) pemadam kebakaran untuk setiap RT guna mengantisipasi musibah Karhutla dan Kebakaran pemukiman.

Kepala Desa Pulau Mambulau, Alfian Noor mengatakan, kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan ini sudah merupakan maklumat baik.dari presiden dan kapolri serta jajaran dibawahnya. Wajar untuk kita selaku pimpinan di desa harus ikut mematuhi.

“Dengan tersedia sarana prasarana untuk pencegahan Karhutla serta pemukiman, kita berharap meminimalkan kejadian,” tegas Kades Alfian Noor.

Selanjutnya, Alfian Noor bersyukur karena Desa Pulau Mambulau berada di daerah yang dekat dengan sungai besar air tersedia bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Seperti selama ini bila ada kejadian dibeberapa tempat, terkendala oleh ketersediaan air, semoga adanya sumber air dilingkungan kita bisa membantu. Kita juga sering melakukan uji coba alat dengan harapan Sarpras kita selalu terawat,” ungkap Alfian Noor.

Terpisah H Akhmad Baihaqi, anggota DPRD dari partai Kebangkitan Bangsa daerah pemilihan 5 yang termasuk Kecamatan Bataguh, mengapresiasi kewaspadaan dari Desa Pulau Mambulau yang melengkapi Sarana dan prasarana dalam pencegahan Karhutla, dimana Karhutla ini adalah masalah yang serius.

“Apalagi yang terdampak dari kebakaran ini bukan hanya orang dewasa, terlebih lagi anak anak yang rentan kena berbagai penyakit,” ujarnya.

Baca juga=Jajaran Polsek Kapuas ajak Masyarakat jadi Pelopor Anti Bakar Lahan

“Semoga langkah ini diikuti oleh semua kepala desa yang lainnya,” harap Akhmad Baihaqi.

Penulis  : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com