Awasi Keberadaan Orang Asing, Tim PORA Dibentuk

oleh -161 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Hulu Sungai Tengah (HST) dibentuk.

Pembentukan dilaksanakan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI) Kantor Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin saat Rapat Koordinasi di Hotel Minosa Resort Amuntai, Rabu (11/9).

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

Kepala Kemenkum dan Ham Kantor Wilayah Kalsel Agus Toyib, Bc.IP., S.H, M.H mengungkapkan, pembentukan Tim PORA mengingat keberadaan orang asing di seluruh Indonesia termasuk di setiap daerah harus di awasi. Bahkan pembentukan Tim juga disampaikan kepada Kepala Daerah yang disambut secara baik.

“Karena kita harus mengetahui terkait aktifitas mereka. Baik status mereka sebagai wisatawan ataupun tenaga kerja di wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Tim PORA dibentuk dengan beberapa instansi Pemerintah daerah yang turut terlibat bersama dengan Imigrasi, Polres, TNI dan Kejaksaan. Dimana mereka turut membantu dalam hal pengawasan orang asing.

“Keberadaan orang asing disuatu wilayah tentunya diketahui, karena kita memiliki perangkat Kecamatan dan desa. Mereka ini akan saling berkoordinasi jika disuatu desa ada orang asing sehingga ada jejaring yang saling berhubungan. Peran Imigrasi disini mengecek dokumen ke imigrasian mereka dalam artian tujuan mereka di wilayah Kalsel harus jelas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Imigrasi kelas 1 TPI Banjarmasin, Syarifullah menambahkan, pembentukan Tim PORA di Kalsel sudah terbentuk hingga ke kecamatan dan desa, terakhir di dua Kabupaten yakni, Kabupaten HSU dan HST.

“Memang sudah berjalan namun belom terbentuk. Hari ini kita meresmikan Tim PORA di HSU – HST,” tambahnya.

Baca juga=Ratusan Warga Amuntai ikuti Senam GERMAS

Keberadaan orang asing di Kabupaten HSU sendiri memang tidak terlalu signifikan jumlahnya, mengingat dengan kondisi daerah yang terbilang belum terlalu menarik bagi mereka baik sebagai wisatawan dan tenaga kerja. Namun, pembentukan tetap dilaksanakan untuk kedepannya sebagi langkah antisipasi.

Penulis : adiyat
Editor : wandi
Penanggung Jawab : S.A.Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com