Almien Ashar Safari Jabat Ketua DPRD HSU

AMUNTAI, Kalselpos.com – Almien Ashar Safari, S.KM di usulkan oleh pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Calon Ketua DPRD Kabupaten HSU, Selasa (03/09)

Baca juga=STIA Amuntai Berbagi dengan Anak Yatim

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan pada saat pengunguman pembentukan Fraksi dan Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten HSU masa jabatan 2019-2024.

Rapat Paripurna DPRD HSU ke 1 masa sidang 1 tahun 2019 dilaksanakan di aula kantor DPRD.

Namun sebelumnya, Ketua DPRD sementara Almien Ashar Safari, S.KM yang memimpin rapat paripurna pembentukan fraksi dan pimpinan daerah didampingi wakil ketua DPRD Sementera H. Mawardi menyampaikan sehubungan belum ditetapkannya peraturan DPRD yang baru. Maka aturan dan ketentuan yang digunakan dalam paripurna menggunakan tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2018.

Almien mengungkapkan, berdasar penjelasan pasal 164 UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, menyatakan bahwa ‘partai politik yang urutsan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten/Kota.

“Dengan begitu yang bersangkutan berhak mengisi kursi pimpinan DPRD melalui pengajuan dari pimpinan parpol setempat yang akan ditertapkan menjadi pimpinan DPRD,” kata Almien yang juga Ketua KNPI HSU ini.

Ia mengungkapkan, untuk formasi usulan dari Parpol pemenang pemilu 2019 di HSU. Pimpinan Golkar menjunjuk Almien Ashar Safari S.KM sebagi calon Ketua DPRD. Sementara, PKB mengusulkan Mawardi sebagai Wakil Ketua DPRD HSU dan Wakil Ketua dewan kedua dari PPP Fathurrahim, A.

“Sesuai ketentuan, pimpinan sementara akan menyamapaikan nama-nama calon pimpinan DPRD ini ke Gubernur Kalsel melalui Bupati HSU untuk ditetapkan dan diresmikan pengangkatannya,” jelasnya.

Baca juga=STIA Amuntai Berbagi dengan Anak Yatim

Dikesempatan tersebut juga ditetapkan 6 buah fraksi yang terdiri dari 4 (empat) buah fraksi dari partai politik dan 2 (dua) buah fraksi gabungan partai politik. 6 fraksi tersebut ialah, Fraksi Golkar terdiri 12 orang wakil rakyat, Fraksi PKB 5 orang, Fraksi PPP 4 orang anggota, Fraksi PKS 3 wakil rakyat. Selanjutanya, Fraksi Gerindra dan PBB terdiri 3 orang dan Fraksi Nasdem-PDI Perjuangan diisi 3 orang anggota DPRD.

Penulis : adiyat
Editor : wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait