Kapolda Pimpin Langsung Padamkan Karhutla

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi, Minggu (15/9) sejak pukul 22.00 Wita. Kali ini Karhutla berada di Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga=Siap Berlaga pada Pilkada Kota Banjarmasin

Bacaan Lainnya

Pemadaman api oleh Satgas Gabungan Karhutla Kalsel dipimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, Jenderal bintang dua tersebut terjun langsung kelapangan untuk mengecek titik panas yang ada di sekitar kawasan tersebut sekaligus melakukan pendinginan lahan pasca Karhutla yang melanda daerah itu.

Dalam kebakaran tersebut Kapolda Kalsel turun didampingi oleh Karo Ops, Dansat Brimob Polda Kalsel, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Wakapolres Banjarbaru, Kabag Ops Polres Banjarbaru, Kapolsek Banjarbaru Barat dan personil Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019.

“Saya ikut memimpin langsung dalam pemadaman dan pendinginan karhutla ini, berkat upaya dari tim Satgas Gabungan Karhutla Kalsel untuk kebakaran lahan dapat teratasi,” Ucap Kapolda Kalimantan Selatan, Senin (16/9).

Lahan yang terbakar dalam kejadian tersebut diketahui sekitar 3 hektare yang merupakan lahan gambut Irjen Pol Drs. Yazid Fanani memastikan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan penyebab Karhutla dan Ia juga berharap masyarakat sekitar agar terus ikut berperan aktif untuk menjaga alam.

“Saya harap masyarakat sadar untuk tidak melakukan pembakaran lagi dengan tujuan apapun,” tegasnya.

Baca juga=Siap Berlaga pada Pilkada Kota Banjarmasin

“Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu masih ada, mengingat Provinsi Kalsel masih berada dalam musim kemarau,” Pungkasnya.

Penulis: Krisna
Editor Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait