KNPI bagikan 1000 Lembar Masker

Pengurus DPD KNPI Provinsi Kalsel berfoto bersama usai kegiatan membagikan 1000 masker

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dalam beberapa hari terakhir kondisi pencemaran udara semakin parah bahkan cenderung tidak sehat sehingga berdampak pada resiko terserang beberapa penyakit akibat pekatnya kabut asap yang menyebar di Provinsi Kalsel tidak terkecuali Kota Banjarmasin.

Baca juga=Harjad Banjarmasin ke-493 berbarengan CSS ke-XIX

Bacaan Lainnya

Sebagai wujud apresiasi dan kepedulian bagi sesama, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalsel membagikan 1000 masker gratis di depan Gedung Pemuda Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Minggu (15/9).

“Ya bagi – bagi masker ini dalam rangka penyadaran bahaya asap dan pencegahan penyakit infeksi saluran pernafasan,” ujar ketua Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazlur Rahman didamping sekretaris, Muhammad Yusuf kepada Kalselpos.

Ia menambahkan, aksi sosial ini bagian kecil dari rasa kepedulian KNPI kepada masyarakat banua agar menjaga kesehatannya, terlebih tebalnya kabut asap yang bisa membahayakan kesehatan dan potensi ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua.

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa jika udara dalam keadaan palak seperti sekarang ini lebih baik tidak beraktifitas diluar rumah, tapi kalau terpaksa keluar rumah maka kenakanlah masker,” terangnya

Melihat kondisi sekarang dari tebalnya kabut asap (palak) seharusnya masker yang dibagikan ini sesuai standar jika udara berbahaya misalnya masker jenis N95. Kepada masyarakat kami menghimbau jika dalam situasi darurat dan tidak memiliki masker maka bisa sediakan kain lalu basahi untuk seterusnua bisa dipakai sebagai penutup bagian mulut sampai saluran pernapasan (hidung).

“Upaya ini jauh lebih baik daripada tidak mengenakan masker atau penutup hidung sama sekali,” ucap Fazlur.

Selain itu kepada pemerintah ia mendesak ada upaya konkrit dalam mengantisipasi kabut asap ini karena kejadian ini terus berulang-ulang setiap tahun. Oleh karena itu pemerintah dan penegak hukum harus tegas, sebab banyak sekali yang dirugikan dengan kabut asap seperti ini.

Sementara itu warga menyambut baik aksi pemuda banua ini, bahkan jika perlu. jumlah masker yang dibagikan bisa lebih banyak lagi sebagai bentuk upaya jangka pendek guna mengantisifasi segala hal buruk bagi kesehatan.

Baca juga=Harjad Banjarmasin ke-493 berbarengan CSS ke-XIX

“Kami melihat kabut asap hari ini benar-benar sudah pada tahap membahayakan, 5 menit saja sudah membuat sulit bernafas dan akhirnya disertai sakit kepala” beber salah satu masyarakat Kota Banjarmasin, Irwan.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait