Satpol PP Banjarmasin kekurangan Dana Operasional

oleh -158 views
Hermansyah

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kota Banjarmasin, mengaku masih mengalami permasalahan atau kendala pendanaan untuk operasional pelaksanaan tugasnya.

Baca juga=Lulusan SMA “Kepincut” Kuliah di UT Banjarmasin

Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin, Hermansyah mengatakan, kebutuhan operasional Satpol PP pada setiap anggaran di APBD murni tidak terpenuhi sampai bulan Juni. Sehingga diperlukan dana tambahan yang diajukan lagi pada APBD Perubahan setiap tahun anggaran.

“Dalam setahun yang dianggarkan hampir Rp4 Miliar, tapi dana ini masih perlu tambahan, terutama untuk operasional kami,” ujar Hermanyah, Rabu (7/8) kepada wartawan.

Menurutnya, dalam satu regu yang berjumlah maksimal 10 orang anggota Satpol PP, harus bekerja dengan waktu sampai 8 jam, bahkan hari libur bisa beroperasional.

Masing-masing anggota atau petugas mendapatkan honor Rp100 ribu untuk satu kali, hingga nilai total untuk operasional sekali turun ke lapangan mencapai Rp1 Juta.

“Itupun bagi anggota yang tidak turun ke lapangan, tidak mendapatkan gaji tersebut,” ungkapnya.

Jika pada kondisi tertentu jelasnya, operasional lapangan berpotensi menghadapi aksi rawan anarkis, anggota Satpol PP yang turun tidak hanya satu regu, bahkan hampir tiga regu yang diturunkan.

“Alhamdulillah dalam pekan ini anggota kami tidak ada kejadian yang tidak diinginkan dalam operasional di lapangan,” cecarnya.

Sehingga dengan anggaran yang dinilai masih sangat terbatas, maka operasional Satpol PP masih dianggap sangat kurang. Hingga perlu tambahan sampai dengan akhir tahun nanti.

Baca juga=Lulusan SMA “Kepincut” Kuliah di UT Banjarmasin

Pihaknya mengaku, memahami kesulitan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin. Namun Pemerintah Kota Banjarmasin juga diharapkan memahami tugas Satpol PP dan menunjang operasional di lapangan.

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com