Prof Sutarto Hadi: Kami tidak dalam peringkat terpuruk

oleh -619 views
REKTOR ULM - Profesor Sutarto Hadi (net).

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Terkait posisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang ada di peringkat ke-82 dari 2100 perguruan tinggi yang dikeluarkan Kemenristekdikti tahun 2019, yang lalu.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

Menanggapi Hal Tersebut, Rektor ULM,
Prof Sutarto Hadi menerangkan, bahwa sebenarnya ada lebih 4.500 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Dan dari 4.500 PT tersebut, 2.100 PT mengikuti pemeringkatan yang dilakukan Kemristekdikti.

Dan 2100 Perguruan Tinggi itu, dibuat pengelempokkan yaitu, Klaster 1, Kluster 2, Klaster 3, 4 dan 5.

Kelaster 1, diisi oleh 14 Perguruan Tinggi (PT), kluster 2 ada 72 perguruan tinggi, kluster 3 ada 135 perguruan tinggi, dan Keempat serta Kelima sisa dari 2100 PT yang ada di Indonesia.

Disampaikannya, sebenarnya ULM tidak dalam posisi yang terpuruk.”ULM ada di Kluster 2, termasuk perguruan tinggi yang terbaik di Indonesia, Dan status tersebut adalah status yang bagus,” terang Prof Hadi.

Mengapa, ULM ada di peringkat ke 82 dikarenakan adanya perubahan penilaian kriteria dari Kemenristekdikti.

“Salah satunya, Jumlah dosen Lektor Kepala dan Guru Besar kurang dari 30%. Ini disebabkan oleh adanya tambahan 120 dosen baru, sehingga persentasenya menurun. Selain itu belum adanya dosen asing yang mengajar di ULM,” terangnya.

Ia menambahkan, masih belum adanya program studi yang berakreditasi internasional sehingga hal tersebut mempengaruhi kriteria yang dibuat oleh Kemenristekdikti.

Hal itu tentunya akan membuat ULM berupaya agar, mendorong ULM untuk mendatangkan mahasiswa dari luar negeri, serta mempercepat proses kenaikan jabatan fungsional dosen yang masuk Lektor untuk menjadi Lektor Kepala untuk menjadi Guru Besar.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

“Serta mendorong para mahasiswa yang ada di ULM untuk bisa berprestasi di ajang kegiatan nasional dan internasional,” ucap Prof Sutarto Hadi kepada Kalsel Pos.

Intinya, ULM tidak terpuruk dari peringkat yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti tahun 2019.

Penulis:hafiz
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com