Peternak Ayam terancam Gulung Tikar, Pemprov Kalsel bentuk Tim Pengawasan DOC 

oleh -930 views
Plh Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq (tengah) memberikan keterangan pers tentang sikap yang diambil Pemprov Kalsel untuk mengatasi anjloknya harga ayam potong.(Anas Aliando)

BANJARBARU, kalselpos.com – Dalam beberapa waktu terakhir, harga ayam pedaging di Kalimantan Selatan dan sekitarnya anjlok. Akibatnya, para peternak pun mengalami kerugian dan terancam gulung tikar. Kini harga ditingkat peternak bertengger di angka Rp10.000 per kilogram.

Baca juga=Sekda Banjarbaru siap Bertarung di Pilkada Banjar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pun tidak tinggal diam. Pemerintah akan segera membentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian Day Old Chicken (DOC) dan Broiler untuk mengatasi kegalauan peternak.  “Kami juga akan melakukan pembatasan produksi perusahan, penetasan unggas dan melakukan pengawasan distribusi sesuai Peraturan Gubernur No 68 Tahun 2014,” ujar Plh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq kepada sejumlah jurnalis di Banjarbaru, Jumat (23/8/2019) siang.

Hanif menyampaikan, Pergub tersebut berbunyi, perusahaan DOC untuk bisnis hanya boleh memproduksi sebanyak 30 persen, untuk perusahaannya sendiri maksimal 70 persen untuk eksternal mandiri, serta kemitraan mereka. Jadi tidak boleh perusahaan membuat internal farm.

“Ada lima langkah yang segera kami lakukan. Satu diantara adalah membentuk tim pengawasan dan pengendalian DOC,” ucapnya.

Langkah ini, lanjut Hanif diharapkan mampu mengembalikan angka pendapatan Kalsel atau Break Even Point Unggas Broiler yang mencapai harga Rp19.000 per kilogram.

Baca juga=Sekda Banjarbaru siap Bertarung di Pilkada Banjar

Untuk diketahui, anjloknya harga ayam pedaging salah satu sebabnya adalah,
pedagang di pasar menjualnya per ekor tidak per kilogram. Banyaknya masyarakat yang melakoni berternak ayam juga disebut yang menjadi faktor harga unggas ini anjlok.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com