Pesta Harjad Kalsel sedot Dana lebih Rp1 Miliar

oleh -161 views
Masyarakat berebut kue yang disiapkan panitia Harjad Provinsi Kalsel di Siring Nol Kilometer.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Gelaran pesta memeriahkan puncak Hari Jadi Provinsi Kalsel ke – 69 berlangsung meriah di Siring Nol Kilometer, Jalan Sudirman Banjarmasin, Rabu (14/8/2019) siang.

Baca juga=Damai Mediawan nahkodai AMPI Banjarmasin

Ribuan masyarakat tumpah ruah ditempat tersebut. Mereka berebut makanan gratis yang sudah disiapkan panitia sejak dinihari.

“Saya kesini ingin makan gratis juga mau melihat berbagai macam hiburan,” ujar Saiful, yang mengaku tinggal  di Sungai Andai kepada kalselpos.com.

Dari tenda yang disediakan sepanjang Siring Nol Kilometer, nyaris tidak ada menyisakan tempat. Semua penuh sesak oleh masyarakat yang berebut makanan. Berbagai macam jenis makanan seperti soto banjar, gado – gado, nasi sop, katupat, sate, rawon dan berbagai jenis kue, dalam sekejap ludes.

Usai gelaran pesta, ada pemandangan “memilukan” tersaji ditempat itu. Sampah bekas pembungkus makanan dan lainnya tampak berserakan dimana – mana. Termasuk juga sampah terlihat menimbul diatas sungai Martapura di bentaran Siring.

“Saya sempat kawalahan membersihkan sampahnya pak, banyak sekali. Padahal tempat sampah sudah di sediakan namun rupanya kesadaran masyarakat untuk membuang pada tempatnya tidak diindahkan,” ujar Wahyuni seorang petugas kebersihan ditempat tersebut.

Gelaran Harjad yang dikemas dalam pesta rakyat dan karasminannya tersebut bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan semua pihak. Misalnya untuk makan gratis, seluruh SKPD yang ada dilingkungan pemerintah provinsi diminta menyediakan makanan setidaknya 500 porsi.

“Kami dari Disdikbud Kalsel menyumbang buras 500 porsi,”  Ujar penjaga tenda dari Disdikbud Kalsel yang namanya tidak mau ditulis,Kabid SMA Disdikbud Provinsi Kalsel.

Selain dihadiri seluruh lapisan masyarakat di Banua, harjad juga dihadiri tamu dari Jakarta yaitu Menteri Pariwisata Areif Yahya.

Baca juga=Damai Mediawan nahkodai AMPI Banjarmasin

Gelaran pesta rakyat memeriahkan Harjad Kalsel ke – 69 ini menghabiskan dana lebih dari Rp1 Milyar. Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie mengatakan, dana diambil dari SKPD provinsi Kalsel. “Dana diambil dari dinas – dinas, baik pariwisata, bagian umum dan lainnya. Untuk dana syukuran dan karasminan tidak boleh secara khusus dianggarkan dalam APBD,” ujarnya.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com