Perda Trantibum Disosialisasikan kepada Masyarakat

oleh -103 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Bagian Hukum Setda bersama Satpol PP dan Damkar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Trantibum) di Kantor Kecaamat Mantewe, Selasa (13/8).

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Peserta sosialisasi diikuti oleh kepala desa, sekretaris desa, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Mantewe.

Dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan maksud, tujuan, dan ruang lingkup Perda Trantibum.

Perda Trantibum dimaksudkan sebagai landasan hukum penyelenggaraan ketertiban umum dalam rangka mewujudkan pemerintah daerah yang efektif, efesien, kondusif, dan dinamis, serta partisipasi masyarakat.

Salah satu tujuan dari pengaturan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat yaitu agar mendorong terwujudnya masyarakat yang tertib dalam menjalankan kegiatan atau usaha.

Adapun ruang lingkup ketertiban umum meliputi, tertib tempat umum dan usaha, tertib lingkungan tempat tinggal, tertib sosial, tertib hiburan dan keramaian, tertib ibadah, dan tertib peran serta masyarakat.

Sedangkan sanksi administratif pelanggar perda dapat dikenakan sanksi berupa teguran lisan, teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan, penghentian tetap kegiatan, pencabutan sementara izin, pencabutan tetap izin, denda administratif, dan sanksi administratif lainya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP dan Damkar Tanbu, M Jaelani, mengatakan sosialisasi perda dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dan taat pada perda, dengan materi sosialisasi yang disampaikan adalah Perda Nomor 9 Tahun 2018 tentang Trantibum.

Diharapkan dengan sosialisasi ini agar seluruh masyarakat taat pada perda trantibum sehingga berdampak pada terciptanya ketertiban umum dan ketentraman di masyarakat.

Kepada para peserta sosialisasi, Jaelani berharap agar dapat menyampaikan kembali pengetahuan yang diperoleh pada sosialisasi ini kepada warga masyarakat lainya.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

“Beritahukan kepada saudara yang lain apa yang kalian ketahui mengenai trantibum, sehingga semua mengetahuinya,” pintanya.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com