Penanganan Sampah perlu Peran Masyarakat

oleh -265 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Dinas PUPRPKP Kapuas, melalui Bidang Pertamanan dan Kebersihan, mengadakan sosialisasi terkait pengelolaan sampah, di Aula Kantor Camat Selat, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (14/8) pukul 08.00 WIB. Diikuti oleh ketua RT, lurah dan desa se Kecamatan Selat.

Baca juga=Seleksi CPNS Kapuas ‘masuk’ Mabes Polri

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni ST MT, menjelaskan, tujuan sosialisasi adalah mengajak peran aktif masyarakat dalam menangani permasalahan sampah demi menunjang kebersihan.

“Penilaian Adipura sekarang terfokus pada peran masyarakat, bukan hanya pada peran pemerintah,” ungkapnya.

Sehingga jelasnya, sosialisasi selain meminta peran masyarakat dalam masalah kebersihan, juga mensosialisasikan perda dan sanksi yang diterapkan  pelanggaran terkait masalah pengolahan sampah, dimana nantinya dibentuk masyarakat yang peduli mulai dari tingkat RT.

“Keterbatasan dana dan sarana bisa kita carikan solusi melalui forum ini, sosialisasi ini adalah kebijakan pemerintah daerah yang merupakan turunan strategi kebijakan nasional juga,” terang Ahmad Isnaeni.

Baca juga=Seleksi CPNS Kapuas ‘masuk’ Mabes Polri

“Semoga setelah segera terbentuk kelompok kelompok peduli sampah di masyarakat. Dan kita merasa bersyukur sudah bisa menekan dari 26 ton sehari menjadi 16 ton sampah yang masuk ke TPA,” tambah Kabid Pertamanan dan Kebersihan.

Penulis   : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com