Lokasi “Makam Pahlawan” jadi Lahan Pertanian

oleh -1.704 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Kabupaten Kapuas memiliki titik lokasi Makam Pahlawan yaitu Makam Pahlawan Surya Chandra di Jalan trans Kalimantan Kilometer 10,  Kecamatan Kapuas Timur dan Makam Pahlawan Kencana jalan A Yani Kuala Kapuas, Kecamatan Selat.

Baca juga=Seleksi CPNS Kapuas ‘masuk’ Mabes Polri

Ironisnya, di Desa Mawar Mekar, Kecamatan Pulau Petak juga terdapat sebuah lokasi untuk makam pahlawan, dengan nama yang sama ‘Makam Pahlawan Kencana’.

Pantauan Kalselpos, Kamis (15/8) pukul 16.45 Wib, di kawasan makam tersebut masih terlihat kosong dengan berdiri sebuah bangunan yang sudah rusak dan sekitarnya ditanami Padi serta pohon Petai.

Menurut Staf Ahli Kantor Bupati Kapuas, Ishak Basseri, sebenarnya makam pahlawan yang ada di Jalan Pemuda tepatnya di Desa Mawar Mekar, tersebut, adalah rencana pemindahan makam pahlawan dari jalan A Yani.

“Pemindahan itu karena lokasi yang ada sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena cakupan luasnya sudah maksimal juga banyak rumah penduduk yang rapat atau padat,” ujarnya.

“Kalau ada upacara disana biasanya sampai harus kejalan raya segala. Maka itu dulunya mau dipindahkan ke lokasi jalan Pemuda Desa Mawar Mekar Kecamatan Pulau Petak,” terang Ishak Basseri, saat menghadiri Tabur Bunga di Makam Pahlawan Surya Chandra Trans Kalimantan KM 10 Kapuas Timur.

Saat menanyakan status tanah makam pahlawan yang sekarang di tanami padi itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Safiri mengatakan, tanah itu milik pemerintah daerah kabupaten yang diperuntukan sebagai makam pahlawan.

“Sewaktu  saya masih di Kantor Sosial dulu, ada perubahan anggapan kalau makam pahlawan itu adalah berupa taman dan sejuk hilang kesan angker sebagai makam, makanya di cari lahan yang luas. Dan di Desa Mawar Mekar Kecamatan Pulau Petak itu tempatnya,” terang Safiri.

Baca juga=Seleksi CPNS Kapuas ‘masuk’ Mabes Polri

Selanjutnya Safiri menjelaskan, berkaitan dengan teknis pemindahan dan lainnya, itu jadi ranahnya kantor Sosial.

Penulis  : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com