Kedes Banjar Sari tuding BPN ‘Sembrono’ 

oleh -874 views
TUDING BPN - H Aep Saefudin, Kades Banjar Sari, saat mengungkapkan keberadaan BPN setempat, yang tidak teliti dan sembrono dalam proses pembuatan sertifikat tanah milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT LSI, yang memiliki kantor berada di Desa Makmur, Kecamatan Angsana, Kamis (1/8) lalu. (Kristiawan)

BATULICIN, K.Pos – H Aep Saefudin, Kapala Desa (Kades) Banjar Sari, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menuding Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, yang tidak teliti dan sembrono dalam proses pembuatan sertifikat tanah.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Hal itu ditenggari sang kades terkait terbitnya sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Lahan Subur Abadi (LSI), yang memiliki kantor berada di Desa Makmur, Kecamatan Angsana.

PT LSI merupakan salah satu anak perusahaan PT Mina Mas Group, dengan izin tahun 1999 pada saat itu masih ikut Kabupaten Kotabaru.

H Aep Saefudin mempertanyakan tentang keabsahan legalitas tanah PT LSI yang diterbitkan oleh BPN pada tahun 1999, dengan dasar perizinan HGU pada tahun itu juga. “Sementara Kami sudah memiliki sertifikat ataupun Hak Pengguna Lahan (HPL) transmigrasi pada tahun 1982,” tegas sang kades.

Permasalah ini pernah dibawa ke DPRD Tanbu, namun tidak ada kejelasannya. Begitu juga dengan pihak BPN, juga sempat kami pertanyakan, namun mengalami kebuntuan,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Tri Widodo selaku Kasi Infrastruktur Pertanahan (IP) BPN Tanbu, saat dikonfirmasi awak media, lebih memilih bungkam dan tidak menanggapi.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Dia, Tri Widodo malah membuka UU dan aturan aturan terkait dengan Pertanyaan Media. “Dalam aturan dan UU, Kami tidak bisa mempublikasikan permasalahan permasalahan ini. Kami terikat dengan aturan – aturan. Mohon maaf ya, Saya tidak bisa menjawab. Sekali lagi mohon maaf,” ucapnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com