Karhutla ‘jamah’ Handil Menangis

oleh -719 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Kapolsek Kapuas Barat, Ipda Eko Sutrisno SH, bersama jajaran langsung mendatangi lokasi kebakaran lahan dan mengambil tindakan memadamkan, saat mengetahui informasi itu, Selasa (20/8), pukul 09.00 Wib.

Baca juga=40 Anggota DPRD Kapuas Dilantik

Pemadaman dilakukan bersama Danramil Kapuas Barat Kapten Inf. Eko Puspoko beserta tim BPBD Kapuas dan masyarakat Desa Sungai Pitung, memadamkan api di Handel Menangis Desa Sungai Pitung, Kecamatan Kapuas Barat.

Setelah tiba di lokasi Kapolsek dan Danramil bersama dengan BPBD Kabupaten Kapuas serta warga masyarakat sekitar, berkoordinasi untuk menentukan cara pemadaman lahan yang terbakar serta menginventarisir sarana dan prasarana yang dipergunakan dalam kegiatan operasi penanggulangan karhutla.

Sejumlah peralatan digunakan milik BPBD Kapuas, berupa satu unit mobil Pikap, dua unit kendaraan roda tiga, tiga unit motor dan dua unit mesin pompa 2 Silinder lengkap dengan selang, langsung digunakan untuk membantu proses pemadaman itu.

Pada pukul 16.00 Wib, api dapat dikuasai dan setelah dipastikan padam tim melanjutkan patroli di sekitar lokasi, untuk memastikan api padam dan tidak ada titik api lagi. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 16 Hektar.

Kapolsek Kapuas Barat, Ipda Eko Sutrisno SH mengatakan, untuk pemilik lokasi lahan yang terbakar masih dalam penyelidikan pihak polsek Kapuas Barat.

“Kemudian tindakan kepolisian oleh Polsek kapuas barat, dengan mengumpulkan keterangan, memasang Police Line atau Status quo di lokasi lahan yang terbakar, untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” terang Ipda Eko Sutrisno.

Baca juga=40 Anggota DPRD Kapuas Dilantik

“Kegiatan patroli dan pemadaman api kebakaran lahan masih berlangsung, dengan pengawasan pada titik api serta melokalisir lahan yang telah terbakar agar tidak meluas,” tambah Kapolsek lagi.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com