Hanya hitungan Hari 14 terdakwa ‘Pesta Sabu’ akan Bebas

oleh -1.021 views
KE LUAR RUANG SIDANG – Para terdakwa ‘pesta sabu’ di Gang Mandor, Jalan Belitung Darat Banjarmasin, saat ke luar ruang sidang Pengadilan Negeri Banjarmasin, Selasa (20/8) kemarin.(istimewa)

BANJARMASIN, K.Pos – Lantaran hanya dituntut hukuman 7 bulan rehab, sebagaimana diatur Pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jonto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, 14 terdakwa kasus ‘pesta sabu’ di Gang Mandor, Jalan Belitung Darat Banjarmasin, kini tinggal menghitung hari kebebasan mereka.

Baca juga=Dandim1007/Banjarmasin Bergeser

Namun itu semua akan terjawab, bila majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin yang diketuai Eddy Cahyono SH MH, dengan anggota Muhamad Fatkan SH M.Hum dan Roro Endang Dwi Handayani SH MH, nantinya sependapat dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ira SH dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel.

Pasalnya, para terdakwa sendiri tertangkap ‘pesta sabu’ pada Kamis, tanggal 31 Januari 2019 lalu, Sementara, tuntutan 7 bulan JPU sendiri, yang dibacakan pada Selasa (20/8) kemarin, akan jatuh pada tanggal 31 Agustus 2019 nanti atau tinggal 10 hari lagi.

Pastinya, bila majelis hakim sependapat dengan jaksa, maka per 1 September 2019 nanti, para terdakwa ‘pesta sabu’, ini dipastikan bebas dari proses hukuman rehabilitasi di RSJ Sambang Lihum di Km 17 Gambut, Kabupaten Banjar.

Sekedar diketahui, bahwa para terdakwa ‘pesta sabu’ sendiri terdiri GM S.Kom (24), NH (24), MJ (24), NA (21), NL (22), AR (31), RH (25), BR (29), NSA (26), MJ (21), OSRi (26), NCR (29), Yan (26), serta DS (26), diamankan petugas dari Dirnarkoba Polda Kalsel, pada Kamis, 31 Januari 2019.

‘Pesta sabu’ diduga dilakukan agar menjadi sumber kekuatan untuk mengikuti permainan futsal. Namun pesta yang digelar di tempat kost lantai II milik pasutri berinisial No dan Ni, itu sebelum selesai keburu digerebek pihak Ditresnarkoba Polda Kalsel, yang pada saat itu didampingi Ketua RT setempat, Supriansyah.

Oleh petugas, dalam pesta sabu tersebut berhasil mengamankan dua paket sabu dengan berat kotor 0,64 dan satu buah pipet kaca yang masih berisi sisa sabu, dua buah bong lengkap dengan alat hisapnya serta satu buah korek api gas.

Akibat perbuatannya, para terdakwa ini dijerat dengan Pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jonto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Kasus penggerebekan terhadap 14 orang terkait pesta sabu, ini sempat menjadi perbincangan hangat, karena salah satu yang diamankan adalah anak pejabat di Kota Banjarmasin.

Baca juga=Dandim1007/Banjarmasin Bergeser

Sejak diamankan hingga sekarang menjalani persidangan, para terdakwa tidak dilakukan penahanan, namun menjalani rehabilitasi di RSJ Sambang Lihum di Km 17 Gambut.

Penulis: SA lingga
Penanggungjawab : SA lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com